Melatih Kemandirian Hari ke-2 [Bagian 2]

Hari Jum'at , 24 Februari 2017 Kirei berhasil diajak dress up sendiri, tanpa banyak bantuan dari Saya. Tapi belum berhasil diajak menyisir rambut sendiri. Alasannya masih sama, "kalau sisir sendiri sakit."

Supaya Kirei mau dress up sendiri, Saya membiarkan ia untuk memilih baju yang ia mau. Saya menunjukkan terlebih dahulu, mana bagian depan dan belakang. Serta meminta ia untuk memakai baju dengan tenang, tidak tergesa-gesa. Biasanya, moment dia akan menyerah adalah jika bagian kepala atau tangannya tersangkut tidak mau keluar. Maka sebelum itu terjadi, saya meminta kirei untuk pelan-pelan, mencari lubang tempat keluar kepala, tangan atau kaki.

Dress Up Jum'at Pagi
Saya juga menyimpan kursi kecil di tempat yang sama, supaya dia bisa merasa nyaman dan terbiasa duduk di sana ketika memakai baju.

Dress Up Jum'at Sore

Pelajaran hari ini:

  • Di montessori dicontohkan agar pakaian yang ada di lemari anak tidak terlalu banyak. Hari ini, kebetulan lemari kirei agak kosong, dan itu justru mengurangi kemungkinan ia pilih-pilih baju terlalu lama. 
  • Mengidentifikasi bentuk, posisi dan model pakaian sebelum dipakai, membuat kirei lebih semangat untuk memakai baju sendiri. Mungkin itu semacam ruang eksplorasi bagi kirei. 
  • Sabar.... siapkan waktu lebih lama untuk mendampingi anak pakai baju sendiri. 
#Level2
#MelatihKemandirian
#KuliahBunSayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar