Melatih Kemandirian Hari ke-1 [Bagian 2]

Keterampilan pertama yang akan saya latih pada Kirei adalah, "dress up". Dress up skill ini meliputi:
  • Memilih/menyiapkan pakaian yang akan dipakai.
  • Mengaplikasikan kayu putih/body talc, jika mau.
  • Memakai pakaian sendiri.
  • Menyisir rambut dan mengaplikasikan hair lotion.
Kirei sudah biasa memilih pakaian dan menyetrika pakaian miliknya sendiri. Meski kadang saya dibuat gemas, karena pakaian yang dipilihnya di pagi hari atau bepergian adalah baju tidur campur-campur. Bawahannya coklat motif owl... atasannya garis-garis... ditumpuk pakai sleevless polkadot ungu. @.@

Tapi akhir-akhir ini dengan penerapan komunikasi produktif, Kirei jadi lebih mau mendengarkan saya. Mencoba memahami, jenis pakaian dan kondisi untuk memakainya. 

Saya tidak rutin menyetrika semua pakaian. Kami biasanya akan melipat semua pakaian yang baru kering bersama-sama. Jika mau disetrika boleh, langsung dilipat juga boleh. Disetrika, ketika akan dipakai. Hari kamis, 23 Februari 2017, kirei memilih baju dan menyetrika pakaiannya sendiri. ^.^

Yang bikin gemas adalah.... dia setrika celana jeans, lalu lari ke kamar untuk dipakai. Kemudian ia pilih kaos, lalu lari lagi ke ruang setrika. Setelah disetrika, dia lari lagi ke kamar. Kenapa sih... gak sekalian aja setrika dulu semuanya, baru dipakai? Tapi, untungnya kemarin saya berhasil sabar... :D


Setelah berpakaian, Kirei saya ajak untuk menyisir rambutnya sendiri. Baru berhasil 3 kali "usapan", dan diakhiri dengan... "Sakit sama aku mah, sama Bunda ajah.". 

Ini sangat saya maklumi, karena rambut kirei keriting, meski habis keramas rambutnya tetap kusut. Besok akan dicoba lagi dengan menambahkan ekstra kondisioner, supaya rambutnya mudah disisir. Untuk Hair lotion, karena lotionnya belum dipindahkan ke botol spray, jadi akhirnya masih saya juga yang mengaplikasikannya. :P

Pelajaran hari ini, tidak mengapa anak belajar mandiri, meski harus sambil lari bolak balik kesana kemari. Hehehehe....

#Level2
#MelatihKemandirian
#KuliahBunSayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar