Hari Ke-15 Tantangan Komunikasi Produktif

Hari Selasa kami sibuk mengemas LME Play Mat yang sudah selesai diproduksi. LME Play Mat ini, kartunya ada lebih dari 100 pcs yang masing-masing berbeda. Jadi... Kami harus memilah dan memastikan dalam 1 set terdapat kartu yang lengkap.


Kegiatan ini menjadi family forum yang bagus, dimana Kami sekeluarga ditambah Kakek, Nenek dan keponakan Saya ikut bergabung. Tantangannya? Ketika Kirei mau ikut berpartisipasi, dan dia rawan memindahkan satu kartu ke tempat yang lainnya. Heuheu... kalau sudah terpisha-pisah lalu tercampur lagi, itu sungguh bisa membuat pertahanan emosi menjadi goyah. Akhirnya Kirei tetap kebagian tugas melepas stiker, meski sebenarnya ia ingin menempel stikernya juga. Tapi dia mau ikut aturan. 

"Kirei kalau mau bantu yang ini, lepasin stikernya aja.. Tempelnya sama Bunda."

"Aku mau menempel juga,.."

"Boleh, tapi stiker yang lain."

"Mau yang ini."

"Berarti cuma lepasnya aja, tempelnya sama Bunda."

Evelyn yang sudah terampil, juga ingin ikut membantu, dia memisahkan item koin onh masing-masing menjadi 20 pcs. Jadi sekalian belajar matematika. Awalnya dia buat kelompok koin isi 20 pcs. Dia semangat, tapi ketika dia lengah, hitungannya jadi lupa dan berantakan. Kemudian, saya minta buat kelompok koin isi 10 pcs saja. Awalnya dia bingung, tapi setelah dijelaskan dan ditunjukkan, dia jadi paham, kalau 20 itu sama dengan 2 kelompok 10-an. Tapi sebelum dikemas, tetep aja dihitung lagi. Hihihihi...

Kegiatan sortir dan pengemasan ini berlangsung hingga tengah malam. Nisrin membantu Saya sampai selesai. Ayah juga, ikut menemani sambil ngopi-ngopi dan cerita tentang kisah, sejarah dan koin kuno pastinya. 

Dari kegiatan family forum ini, anak-anak belajar tentang alur kegiatan produksi. Sebuah produk yang dihasilkan memiliki proses yang panjang. Mulai dari perencanaan, desain, bikin sampel, uji coba, revisi, buat sampel lagi, edit lagi, produksi, sortir, quality check, sampai pengemasan. Dan... setelah alur yang begitu panjangnya, dan berusaha meminimalisir error pun, masih saja ada yang keliru. Aihh, namanya manusia tempatnya salah dan khilaf itu benar-benar yaa...

Mudah-mudahan kegiatan produksi LME Play Mat ini berkah... dan membawa kebaikan bagi yang membelinya juga. Aamiin....

#hari15
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunSayIIP


Hari 15: Family Forum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar