Nice Homework #9 dan #10 Matrikulasi Ibu Profesional

Setelah lebih dari 10 minggu mengikuti Matrikulasi Ibu Profesional Batch 1, apakah Saya berhasil menjadi Ibu Profesional? Belum! Catet yaa... belum!

Judulnya aja matrikulasi, jadi masih ada perkuliahan selanjutnya yang insyaa Allah membantu Saya untuk terus memperbaiki diri.

Tapi sebelum memasuki perkuliahan selanjutnya, ada tugas akhir yang harus diselesaikan, yaitu NHW #9 dan #10 ini...

Sebetulnya penyetoran tugas ini sudah masuk batas akhir, kendalanya adalah.... apa yang saya kerjakan belakangan ini berlawanan dengan yang saya tetapkan di NHW sebelumnya. Kok? Iya... saya merasa out of track.

Tapi dini hari tadi, saya kembali membaca materi Matrikulasi IIP dari awal, sambil membuat Mind Map nya. Ternyata, saya tidak out of track, justru bidang yang menjadi passion saya, kini bertambah porsi waktunya. Sehingga mengakibatkan bidang lainnya kekurangan waktu. Jadi yang diperlukan adalah penyesuaian ulang priority check list dan managemen waktu. (Mama saya pasti geleng-geleng... 😁)

Resume Kuliah Matrikulasi Ibu Profesional
Mind Map MIIP
Dari materi Sesi 1 s.d sesi 8, dapat diambil sebuah benang merah. Kita, khususnya seorang Ibu harus senantiasa membuka mata, hati dan pikiran tentang peran yang dijalaninya. Mindfulness Mom...

Rumah adalah ladang Ilmu, Amal dan Rejeki yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT. Maka dari itu, harus digarap dengan penuh perencanaan, senantiasa diamati perkembangannya. Manakala ada yang kurang sesuai fitrahnya, maka harus kembali mengevaluasi diri dan keluarga.

Manakala seorang Ibu dapat sungguh-sungguh menjalani misi spesifiknya, maka insyaa Allah ia akan bisa mendampingi anak dan keluarganya menjalani misi spesifiknya juga.

Ketika seluruh anggota keluarga bisa bersinergi, maka kebaikan dalam diri keluarga itu akan terpancar keluar dengan sendirinya, dan keluarga tersebut akan bermanfaat bagi lingkungannya.

Pada akhirnya, dari seorang Ibu yang sadar penuh mengerjakan misi hidupnya, maka akan terjadi perubahan positif pada lingkungannya pula.

Materi Matrikulasi ini sangat dibutuhkan oleh para Ibu. Seandainya Saya diberi kesempatan untuk menemani, berbagi dengan para Ibu lainnya, tentunya learning by doing, learning by teaching, learning by sharing. Maka saya memerlukan pendampingan lanjutan dari Founder Ibu Profesional, Ibu Septi Peni Wulandani.
Menginap di salatiga? Aamiin... :)

#ThinkBigActNow
#AkarSeru
#IbuProfesional
#1minggu1cerita


10 komentar:

  1. Mbak,bagus..kayak baru dengan tentang Ibu Profesional? Boleh tahu lebih lanjut gak mbak? Hehehe..scr sy dah punya 2 anak masih belajar banyak menjadi ibu..salam kenal ya mbak

    BalasHapus
  2. Tiap blogwalking ke rumah Nisrin aku seringkali merasa jauh dari sosok ibu yang baik. Atau Ibu Profesional, bila merujuk ke istilah disini. Huhuhu..

    Jadi Ibu Profesional memang pembelajaran yang tak akan pernah berhenti ya, teh Chika.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kata anak2 1m1c, pencitraan aku melalui blog ini sukses.... hihihihi...
      Jadi Ibu Pro nya mah belum... :p

      Hapus
  3. Teh, aku nyimak..ikut belajar. Makasih udah sharing materi penting & bermanfaat (walopun prakteknya masih syulit)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama lah... prakteknya masih penuh tantangan, terutama dr diri sendiri.

      Hapus
  4. Salam kenal ya teh ....
    Moga ngga oot ya teteh :D smangat
    Ibu memang harus pro yaa teh, klo ngga ya anak2nya terbengkalai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga... makanya harus gabung komunitas, biar semangatnya terjaga..

      Hapus
  5. jaragoan euy ibu-ibu!

    salah satu citacita besar aku adalah jadi ibu rumah tangga yang kemudian bangga dengan profesinya :)

    #mariWujudkan

    BalasHapus