Kegiatan untuk Meningkatkan Minat Baca

Entah berapa kali Saya menyusun ulang daftar kegiatan atau aktivitas untuk Play Date di Perpustakaan Ambu. Play Date itu sendiri, sebetulnya dilakukan agar anak-anak betah bermain di Perpustakaan. Efeknya, diharapkan mereka akrab melihat buku dan mau membacanya atas kesadaran mereka sendiri (Ini versi Saya pribadi). Tapi apakah Play Date yang diadakan benar-benar bisa meningkatkan minat baca? Kegiatan apa yang bisa dilakukan seminggu sekali, tapi efektif meningkatkan minat baca?

Kok serius amat sih ngurusin minat baca anak-anak Gank Perpus? Yaa.. memang serius tapi santai sih... Kalau kata fasilitator lain, dibawa mengalir aja... santai aja. Tapi yaa... gak ada salahnya juga kan, kalau mendalaminya dengan serius. Jadi, ada fasilitator yang santai, yang serius, yang spontan, dll... Beragam dan berimbang (Apa sih... :P)

Kemarin, waktu kopdar blogger #1minggu1cerita, Saya dapat kesempatan tak terduga. Kesempatan untuk diskusi bersama Ibu Tini. Ibu Tini ini memang penggiat literasi yang menghidupkan perpustakaan di berbagai tempat. Mulai dari rumahnya hingga taman-taman yang ada di Bandung. Yang unik adalah konsep Library in The Box dan Roda Perpustakaan. Beliau juga rutin mengadakan kegiatan untuk meningkatkan minat baca anak-anak dan Ibu-Ibu. Karena... sungguh tidak adil jika menuntut anak hobi membaca sementara Ibu sang pendidik utama juga malas baca. Salute!



Menurut beliau, segala kegiatan bisa meningkatkan minat baca. Asalkan kegiatannya berbasis buku dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Jadi, tahapannya semacam ini:

  1. Pilih Buku yang akan dijadikan pijakan awal. Boleh dipilih langsung oleh fasilitator boleh juga bersama komunitas.
  2. Baca bersama-sama dan ambil poin penting atau yang paling menarik dari buku tersebut.
  3. Lalu... lakukan brainstorming untuk meng-Up cycle poin atau ide tersebut. Misalnya: Bermain Peran, Crafting, Menulis, Membuat Lagu, Melakukan Penelitian Sederhana atau Outing. 
  4. Setelah aktivitasnya dilakukan, anak-anak bisa belajar mengekspresikan pengalaman dan kesannya akan kegiatan tersebut.
Intinya... Kita harus mendalami isi dan gagasan yang ada dalam suatu buku. Kemudian menuangkannya menjadi sebuah aktivitas yang bisa dilakukan bersama.

Nah... jadi, play date selanjutnya Kita mau ngapain ya? Yang jelas, Saya jadi ingin segera pilah-pilih buku di Perpus Ambu bareng anak-anak. Dan merencanakan Play Date bersama. 

Kenapa sih harus di Perpus Ambu? Karena Tempat, Buku, dan Anak-anaknya sudah ada. Jadi harus dipertahankan dan dihidupkan. It's my happiness, don't you?

12 komentar:

  1. Teh Chika,
    Kegiatan-kegiatan di perpus Ambu asyik2 banget...sebagai pencinta buku, saya salut dengan Teh Chika, Bu Tini, Phadli dan Teh Guli. Kalo ada yang mau menyumbang buku untuk perpus ambu bisa dikirim ke mana teh?
    Nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh seneng banget dengernya...
      Kalau mau donasi buku:
      Ervin Ruhlelana
      Komp. BTN Joglo Jl. Mega Bakti No. 99 Cianjur
      Atau whatsapp ke aku dulu aja.. :D

      Hapus
  2. Selalu salut sama orang-orang yang meluangkan waktunya untuk kegiatan sosial. i adore you chika!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simple Ajeng... Aku belum mahir menguangkan waktu luang. Jadi mau ngapain lagi?

      Hapus
  3. Ya ampun teh Chika, makasih banget udah share hasil kopdarnya, tips nya bagus dan berguna nih buat aku.. Tertohok sama kalimat "sungguh tidak adil jika menuntut anak hobi membaca sementara Ibu sang pendidik utama juga malas baca." 😅😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... iya..Aku juga lagi meningkatkan durasi baca buku. Semangat..! ^.^

      Hapus
  4. Teteeeh..aku pun bercita2 punya perpus di rumaaah..nanti berguru ya teeeh..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..
      Perpus Ambu jg bukan di rumah Aku. Di rumah Aku udah ada TK, perpusnya u/ komunitas TK dan Ibu2 aja... masih agak eksklusif. :P
      Kalau mau bikin perpus, "Tinggal pajang buku di teras rumah, nongkrong sambil baca... dan ajak tetangga atau yg lewat untuk mampir." Ervin Ruhlelana

      Hapus
  5. wah perpus ambu makin keren ajah. ajarin perpus yg aku bantu dongssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang anak2 gank perpus inisiatif bikin taman kanak-kanak loh... padahal kita gak fasilitasi apa-apa.
      Aku bantu share tulisan dan pengalaman aja dulu yaa..
      Buku, tenaga apalagi materi.... mudah2an ada kesempatan nantinya..

      Hapus
  6. "sungguh tidak adil jika menuntut anak hobi membaca sementara Ibu sang pendidik utama juga malas baca"
    #jlebb

    Semoga idlan nanti juga suka membaca.
    Terimakasih tulisannya teh chika, menginspirasi sekali :*

    BalasHapus
  7. "sungguh tidak adil jika menuntut anak hobi membaca sementara Ibu sang pendidik utama juga malas baca"
    #jlebb

    Semoga idlan nanti juga suka membaca.
    Terimakasih tulisannya teh chika, menginspirasi sekali :*

    BalasHapus