Hitam Untuk #1minggu1cerita

Pagi hari, ketika menyiapkan sarapan untuk anak-anak, Saya melihat semut kecil-kecil yang biasanya tak pernah ada di sekitar pantry. Saya hanya membersihkan permukaan pantry tanpa memindahkan posisi barang-barang. Ketika sedang memanggang roti, tiba-tiba semutnya semakin banyak. Hoaa... kaget dan bikin ngabirigidig. Ternyata semut yang kecil-kecil itu bersarang di lubang kabel toaster kami. Padahal toaster kami seminggu lalu dipakai, dan dibersihkan. Kok semut malah bersarang di situ..?



Tapi ini bukan kali pertama, perabotan di rumah jadi sarang semut. Dan, biasanya, yang jadi incaran para semut adalah perabotan berwarna hitam. Mungkin mereka terbiasa tinggal di tempat gelap, dan mereka tidak bergantung pada cahaya untuk bisa bergerak, jadi mereka memilih tempat-tempat seperti perabotan saya yang berwarna hitam. Dan sebetulnya saya lebih suka perabotan warna putih. *kode untuk kepala rumah tangga (LOL)

Di grup #1minggu1cerita juga, tiba-tiba ada obrolan mengenai logo grup. Katanya logonya tampak gloomy. Kurang menarik karena warnanya didominasi hitam. Border dan tulisan abu-abu, yang sama dengan ... <90% Hitam. Hihihihi.... tetep aja hitam.


Padahal sebetulnya, warna hitam itu menurut saya tidak suram. Justru menggambarkan kekuatan. dominasi dan ruang yang luas. Meskipun ada pemaknaan lain di bidang psikologi dan pandangan masyarakat. Namun sejatinya... hitam tidak bermakna negatif.

Warna hitam tidak identik dengan gender. Hitam bukan warna primer, sekunder atau tersier. Hitam bisa menyatu dengan segala warna untuk menambah efek tebal, kuat atau lebih gelap. Hitam juga bisa membuat warna lain menjadi lebih muncul atau terlihat. Bisa dibilang, di bidang seni, hitam adalah warna yang paling kuat, sama seperti putih. Dan ternyata, para designer grafis atau advertising designer kerap menggunakan hitam dan putih untuk efek yang kuat pada karyanya.


Di bidang martial art, hitam juga menunjukkan level yang tinggi dari suatu pencapaian. Di islam, warna hitam (dan putih) juga digunakan. Seperti pada Bendera, Panji dan Turban Rasulullah. Jadi tak ada salahnya menggunakan hitam dalam suatu simbol atau logo.

Jadi... apakah menurutmu logo #1minggu1cerita perlu diganti menjadi lebih colourful? Aihhh untuk saat ini sepertinya tidak perlu. karena logo saat ini, seperti yang sudah saya jelaskan di atas sudah menggambarkan bahwa komunitas ini:
  1. Netral
  2. Memberikan ruang yang luas bagi anggota komunitas untuk berkarya dan chatting... :P
  3. Memberikan efek yang kuat, dalam hal menulis atau blogging tentunya
  4. Sederhana. Iya... komunitas ini hanya ingin memotivasi teman-teman untuk menuliskan cerita dengan konsisten. Hingga muncul tagline... "Menulislah Walau #1minggu1cerita". 
  5. Timeless
Aduh.... targetnya masa sih cuma nulis 1 cerita doang selama 1 minggu. Apa gak kurang visioner? Heuheu.... mangga.... kalau teman-teman punya Visi yang lebih hebring, masukkan ke dalam visi hidup saja. Dan tetap tergabung di #1minggu1cerita. Percaya deh... 1 kepakan sayap kupu-kupu saja bisa mempengaruhi iklim dunia. 1 tulisanmu setiap minggu? Semoga kelak bisa bermanfaat juga... ;)

Masih keukeuh itu logo harus diganti...? Iya boleh, kalau kamu seorang ahli di bidang desain grafis dan advertising yang mau membuatkan logo yang lebih powerful dalam membawa branding #1minggu1cerita. Dan satu lagi.... jangan minta bayaran. (LOL)

Disclaimer: Ini adalah deskripsi dan pendapat saya pribadi, sebagai salah seorang admin #1minggu1cerita tentunya... :P


15 komentar:

  1. Bagus enggak ya kalo logo diganti warna merah gitu, menyala nya. hihihihi

    BalasHapus
  2. Wah, boleh tuh. Nanti kalau lagi sempat coba saya bikin logo untuk 1minggu1cerita, boleh, Teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangga... Silahkan berkarya. Tapi siap-siap dengan krisan dan respon yg mungkin upredictable yaa...

      Hapus
  3. Kajian tanda dan simbol secara sederhana, menariiiik 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin yg sederhana kaya ini juga mikir dulu....😂

      Hapus
  4. Setuju mba. Warna hitam nggak selalu suram. Kadang warna hitam punya daya magis yg kuat #halaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul! Itu lupa g dibahas... Wkwkwk... Hanupis..

      Hapus
  5. Hitam itu manis. Contohnya saya. Black sweet.*maksaaa* Wkwkwk. Namanya org dgn bermacam pikiran y mbak. Pro kontra itu biasssaah.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess.... gak perlu jadi panas, baper atau mellow.... Keep Calm and blogging aja....

      Hapus
  6. Menarik dan informatif 😆

    BalasHapus
  7. Menarik dan informatif yaaaa 😆😆😆

    BalasHapus
  8. Setuju aku juga suka memberikan aksen hitam untuk memperkuat suatu gambar. #apasih, hee ...

    BalasHapus