Hari Ke-14 Tantangan Komunikasi Produktif

Kirei yang beranjak usia 3 tahun, sekarang semakin menunjukkan keinginannya. Dan biasanya, apa yang Evelyn pegang atau makan, pasti dia mau juga. Seringkali jika bermain bersama, akan ada jerit tangis keduanya. Penyebabnya sederhana, Kirei mengambil bagian Evelyn. Dialog yang sering muncul adalah...

"Itu kan punya Aku.... Aku udah pisahin buat Kirei.. Tapi Kireinya mau punya Aku juga..!!!", Evelyn kerap mengadu seperti itu.

"Aku juga mau yang ini... Aku maunya dua..", Kirei berargumen. ^.^

Yang terakhir kali Saya praktekkan, Saya menenangkan Evelyn dulu. Saya peluk, dan dengarkan aduannya. Kemudian Saya berusaha memahami kekesalannnya dan meminta ia bersabar dan tunggu di kamarnya. Responnya?

"Terserah Kirei!! Aku gak mau main sama Kirei lagi. Gak suka!!!" 

Kirei biasanya akan memluk erat benda yang direbutnya dan terus menangis. Kirei bisanya tak mau dipeluk jika ia masih kesal, Beda dengan Evelyn, 

"Kirei... sekarang kan kirei udah dapat dua, Kirei main sendiri."

"Tapi Aku mau main sama Eei..."

"Kalau mau main sama Eei, harus mau berbagi, kembalikan punya Eei ya..."

"Gak mau.... aku maunya dua..."

"Ya, berarti Kirei main di kamar bunda aja ya. Sok, duduk di sini sambil main."

"Gak mau..... Aku maunya dua."

"Iya berarti mainnya sendiri."

"Aku mau sama Eei..."

"Yuk, Bunda anter, ke kamar Eei, tapi kembalikan punya Eei. Mau?"

"I...yaaaa....." sambil nangis teriak-teriak.

Tapi setelah diajak mengembalikan barangnya, 

"Aku baik.... mau berbagi sama Eei... jangan rebut-rebut yaaa..." 

Hihihi.... tangis dan air matanya berhenti seketika. Dan mereka kembali main bersama.

(Evelyn dan Kirei. - Foto Lama -)

Kejadian seperti itu, hadir lebih dari 3 kali dalam sehari. Yang diperlukan adalah...kesadaran penuh, bisa mengelola emosi, suara dan intonasi. Fiuhhh.... parenting never seems easy.

#hari14
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunSayIIP

Hari 13: Perpanjang Nalar

2 komentar:

  1. teteh maaf baru BW ke blognya hehe...wah kalau anaknya udah 3 taun gini, ibunya harus makin bijak ya teh..
    Ziran baru belajar ngomong nih, jadi ibunya kudu siap2 kaya teteh nih bisa menengahi hehe.
    blognya banyak tentang anak kayaknya bakal sering mampir kesini nih buat belajar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung...
      Iya, mulai 3 tahun biasanya anak makin punya keinginan, dan.ego nya akan terlihat. 0-2 thn.itu masa lucu2 nya. 3-6thn masa ekstra sabar dan energi. :D

      Hapus