Kuliah Bunda Sayang Komunikasi Produktif - Rasa Rujak Uleg

Sejak tanggal 23 Januari, perkuliahan kelas Bunda Sayang IIP dimulai. Materi pertama adalah Komunikasi Produktif. Istimewanya adalah, Saya menjadi Fasil sekaligus Peserta kelas Bunda Sayang. Rasanya seperti apa? Rujak Uleg. Kok Rujak Uleg? Iya, Seger... ada manis, asem, pedes, asin, gurih, sepet-sepet dan renyah. 


Awalnya berpikir kalau kelas ini memang akan berjalan santai... (jiwa malesnya masih ada :P). Karena 1 bulan hanya 1 materi. Beda dengan matrikulasi, 1 minggu 1 materi. Ternyata? Bagi peserta mungkin lumayan santai, tapi saya double job.. tugas sebagai peserta, ditambah sebagai fasil... Dan.. Saya juga mengambil amanah sebagai Head Of Bunda Sayang Facilitators... Ada kesan Saya expert dalam Bunda Sayang kah?

Dapat Name Card dari IIP, senang dan terharu.
Meski prakteknya masih belajar

Sumber motivasi ketika merasa banyak kekurangan sebagai Fasil

Seger.
Setelah jeda Matrikulasi, perlu mengupgrade ilmu parenting. Diamanahi 3 anak perempuan dengan tahapan usia yang cukup, membuat tantangan semakin cihuy.. Kelas BunSay dengan format yang sedikit berbeda dengan matrikulasi, benar-benar menjadi penyegaran.

Manis.
Bisa satu grup dengan teman-teman yang berfrekuensi positif, ditambah mendapat bimbingan langsung dari Ibu Septi. Manis banget kan....? Jadi punya banyak teman yang menyemangati dan mengingatkan. 

Asem.
Ketika kita mendapat ilmu, maka kita akan diuji, sejauh mana level yang mampu kita capai. Itu rasanya semangat untuk mengunyah ilmu, tapi ketika diicip langsung... ada yang membuat kita kaget. Karena ternyata ada rasa lain selain Manis. Harus berani dan tahan untuk mengecap rasa, hingga benar-benar ditelan.

Pedes.
Menjadi Fasil bukan berarti sudah khatam atau expert. Tapi mungkin sebagian peserta memiliki ekpektasi yang berbeda. Sehingga ketika Saya yang masih tersandung-sandung dalam komunikasi produktif, harus siap menelan krisan. Krisan dari peserta, suami, anak juga keluarga. Itu semua positif, dan membuat saya sadar akan letak kesalahan saya. Tapi tetep aja... pedes. 

Asin.
Segala macam kejadian hidup selalu ada bumbu-bumbu yang menyertai. Ketika mendapat materi komunikasi produktif dengan segala poin pentingnya, dan entah bagaimana... setiap harinya penuh dengan ujian atas itu semua. Kalau gak ada itu semua? Ya hambar.. Rujak aja perlu dikasih garam supaya pas rasanya. 

Gurih.
Ketika berhasil menghadapi tantangan sehari-hari dengan mempraktekkan komunikasi produktif, ada rasa sedap yang dirasa. Meski, berat... tapi ingin terus mempraktekkannya. Karena gurihnya pas, jadi bikin ketagihan. 

Sepet.
Menyadari bahwa ternyata diri ini masih banyak lupa, salah dan khilaf adalah kenyataan yang kurang terasa enak ketika dijalani. Tapi harus diakui dan ditelan. Supaya ke depannya bisa berubah jadi lebih baik lagi.

Renyah.
Rujak Uleg ada sensasi renyah, dari taburan kacang dan kerupuk sebagai pelengkap. Tantangan 10 Hari: Membuat Family Forum, membuat hubungan saya dengan suami semakin harmonis. Itu yang saya rasa. Pada anak-anak juga, bisa semakin tenang menghadapi tantangan parenting setiap harinya. Belum lulus praktek komunikasi produktif, tapi setiap harinya Kami jadi semakin akrab karena semakin sering melakukan family forum dan quality time.

Tantangan Family Forum, bersamaan dengan Cangkrukan HS

Yeay!! Padahal jarang-jarang upload fotonya. 

Masih ada 11 Materi menanti di depan mata. PR masih banyak. Rujak Uleg nya kita nikmati saja, supaya sedap supaya bermanfaat. 

6 komentar:

  1. Ahaaai kereeen bunda Chika. Aku sllu mau BW. Dan sllu jdi pengagum tulisanmu. Pasti bilang hoax..😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasyih teh rizka... Kata2 dan tulisan teh rizka juga selalu menginspirasi.

      Hapus
  2. Luar biasa semangatnya mb Chika.. salut deh.

    BalasHapus
  3. Kirain ngasih materi kelas terus konsumsinya rujak ulek. Ternyata lebih seru dari rujak beneran ☺
    Tatat

    BalasHapus
  4. chikaaa.. kamu kayaknya emang bakat banget jadi semacam fasil atau admin hahahaha. hidup penuh ekskul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi Fasil/admin Ekskul memang lumayan cocok sepertinya.. :D

      Hapus