Pengalaman Pramuka Nisrin yang Pertama

Kamis, 6 Februari 2014, Nisrin kali pertamanya ikut Kegiatan Pramuka Homeschooler Bandung. Kegiatan Pramuka ini diadakan di Taman Lansia, Cilaki Bandung. Alhamdulillah... cuacanya cerah sekali, jadi kegiatan pramuka kemarin berjalan lancar.


Tiba di Cilaki, acaranya sudah dimulai. Ternyata banyak juga yang hadir. ^.^
Nisrin langsung ikut kegiatan pramuka bersama anak homeschooler lainnya. Sementara Orang Tuanya bisa duduk berkumpul di alas yang sudah disediakan. Kegiatan Pramuka Homeschooler ini cukup terorganisir. Dengan adanya Kakak Pembina Pramuka, dan Penanggung Jawab untuk setiap kegiatan, acaranya jadi terstruktur. 



Kegiatan Pramuka Homeschooler dimulai dengan acara berkenalan, ice breaking yang FUN, materi semaphore, dilanjutkan dengan quiz. Setelah itu, anak-anak istirahat sebentar lalu melanjutkan ke materi mengenal tumbuhan. Masing-masing anak diwajibkan untuk membawa 2 jenis tanaman, yang telah diberi nama dengan sandi morse. Nisrin membawa tanaman Jeruk Nipis dan Salam.


Pada acara pengenalan tanaman, materi dan kegiatannya memang sudah disiapkan. Di sini semua sedang sama-sama belajar, termasuk orang tuanya, jadi kegiatannya seru. :D

Setelah mengenal jenis-jenis tumbuhan yang dibawa, anak-anak diajak untuk mengunjungi Taman Pustaka Bunga Cilaki. Anak-anak diminta untuk mengamati bunga-bunga yang ada, namanya, jenisnya dan ciri-cirinya.
Nisrin cukup antusias dengan menuliskan beberapa jenis bunga di buku diary miliknya, lalu memamerkannya pada Kami (Ayah & Bunda).

Saya tidak sempat mengabadikan momen di sana, karena Evelyn tidak mau ikut, jadi Saya hanya menunggu di Taman Cilakinya saja. 

Kegiatan Pramuka yang pertama ini, cukup berkesan bagi Nisrin. Dia tak sabar untuk mengikuti kegiatan selanjutnya, tapi tampaknya Kami tidak bisa rutin seminggu sekali mengikuti kegiatan ini. Jarak antara rumah Kami dan Taman Cilaki lumayan jauh. Pulang dari Cilaki, Nisrin dan Evelyn kelelahan. Mereka sampai tidur berjam-jam, dari sore hingga maghrib. Habis isya juga mereka langsung tertidur pulas. Mungkin Kami bisa mengikuti kegiatan pramuka ini sebulan sekali saja. ^.^

Dengan adanya Kegiatan Pramuka Homeschooler ini, Nisrin bisa memperluas pertemanan dengan sesama Homeschooler. Dan mudah-mudahan di pertemuan selanjutnya, Nisrin bisa lebih ekspresif juga. Karena seperti biasanya, akhir-akhir ini Nisrin semakin sering tampil sangat manis. Padahal dulu dia sangat ekspresif jika ada di lingkungan baru sekalipun. 

Saya juga berharap bisa berkontribusi lebih dalam pertemuan selanjutnya. ^.^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar