Pendidikan Karakter [Bagian 1]

Siapa yang memerlukan Pendidikan Karakter?

Sekarang ini, banyak sekali institusi pendidikan yang mengusung pendidikan yang berkarakter. Kadang lucu juga sih... kenapa kata pendidikan itu harus diembel-embeli dengan "yang berkarakter". Seakan-akan pendidikan yang umumnya diberikan itu tidak berkarakter. 

Sebenarnya, apa pentingnya karakter dalam hidup seseorang? Mengapa harus ada perhatian khusus terhadap pendidikan karakter seseorang?
Karakter sangat penting, karena dapat membentuk cara hidup, cara berpikir dan cara seseorang menghadapi suatu masalah.
Jika seseorang memiliki karakter yang positif, maka ia dapat membangun kehidupan yang baik. 

Karakter setiap orang tak mungkin sama, bahkan anak kembar yang diasuh oleh orang tua yang sama sekalipun. Lalu, apa yang ditekankan dalam pendidikan karakter? Apakah mendidik setiap orang untuk mempelajari segala jenis karakter? Atau menuntut seseorang untuk memiliki karakter tertentu?

Sebenarnya, pendidikan karakter itu ditujukan untuk mengenali segala jenis karakter yang ada, lalu mengidentifikasi karakter apa saja yang ada dalam diri seseorang, mana saja karakter yang dominan dalam diri seseorang, dan bagaimana menggunakan kekuatan karakter demi mencapai hidup yang baik. Jadi... pendidikan karakter itu dibutuhkan oleh setiap individu, bukan hanya anak usia sekolah.

Kekuatan Karakter

Untuk mengetahui kekuatan karakter masing-masing, Kita bisa mengeceknya di Via Me. Saya sudah mencobanya dan berikut ini 5 urutan teratas, Kekuatan Karakter yang terdapat dalam diri Saya berdasarkan hasil survey di Via Me:

1. Appreciation of Beauty & Excellence
You notice and appreciate beauty, excellence, and/or skilled performance in all domains of life, from nature to art to mathematics to science to everyday experience.
2. Honesty
You are an honest person, not only by speaking the truth but by living your life in a genuine and authentic way. You are down to earth and without pretense; you are a "real" person.
3. Teamwork
You excel as a member of a group. You are a loyal and dedicated teammate, you always do your share, and you work hard for the success of your group.
4. Curiosity
You are curious about everything. You are always asking questions, and you find all subjects and topics fascinating. You like exploration and discovery.

5. Spirituality

You have strong and coherent beliefs about the higher purpose and meaning of the universe. You know where you fit in the larger scheme. Your beliefs shape your actions and are a source of comfort to you.


Setelah mengetahui kekuatan karakter yang dominan, sebaiknya Kita mengembangkannya dengan baik. Karena ketika Kita bisa mengembangkan kekuatan karakter yang ada, maka Kita dapat meningkatkan kualitas PERMA yang lebih baik.

P - Positive Emotion 
E - Engagement
R - Relationship
M - Meaning and Purpose
A - Accomplishment

Ketika kualitas PERMA kita lebih baik, maka akan berbanding lurus dengan kualitas hidup Kita.

Jadi... untuk memperbaiki kualitas hidup, tidak bisa dilakukan treatment yang sama. Karena kekuatan karakter masing-masing individu pasti berbeda. Jadi... ayo teman-teman coba untuk mengidentifikasi kekuatan karakter masing-masing dan berusaha untuk mengembangkannya. ;)

Sumber: "Teaching Character and Creating Positive Classroom" Course, Interview with Dr. Martin Seligman, Ph. D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar