Nice Homework Matrikulasi Ibu Profesional - Sesi 3

Terus terang, homework matrikulasi ibu profesional itu.. setiap minggunya semakin tinggi levelnya. Ditambah pikiran saya yang kurang fresh.. rasanya berat sekali kalau harus berkontemplasi dan menuangkan ide. Tapi... no excuse... harus diselesaikan.

Tugas ketiga ini intinya adalah menegaskan kembali, misi apa yang kita emban? Setiap orang pasti punya misi spesifik ketika terlahir ke dunia ini. Untuk bisa menjalankan misi yang kita emban, maka harus yakin dulu... apa benar yang kemarin dicetuskan di NHW #2 adalah misi yang tepat dan sesuai dengan potensi dan fitrah yang kita miliki? Apakah kita sudah menempa diri kita dengan konsisten? Sudahkah kita mengecek indikator kesuksesan dan menjalaninya dengan sungguh-sungguh?

Di NHW #2 Saya memutuskan untuk menjadi:

  • Ibu Profesional yang bisa mengembangkan bakat dan potensi di bidang pengembangan media edukatif. 
  • Menjadi fasilitator di komunitas Ibu, anak maupun keluarga.

Pasca penyelenggaraan Festival Ibu dan Anak Cianjur, Saya semakin yakin untuk mengambil misi itu. Mengenai metodenya... yang penting sesuai dengan core value keluarga, Sederhana, Unik, Penuh Rasa Syukur. 

Untuk bisa menjalani misi tersebut, maka ilmu yang saya perlukan adalah:

  1. Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif, Bunda Shaleha.
  2. Digital, Hand Drawing dan Seni Kreativitas.
  3. Public Speaking and Event Organizing.

Untuk bisa mencapai tingkat profesional, diperlukan 10.000 jam terbang untuk menguasai masing-masing ilmu. Uwowww..... o.O

Untuk Ilmu Ibu Profesional, Km 0 saya adalah Januari 2016. Tepat ketika IIP Cianjur terbentuk.
Jika saya fokus pada pukul 12.00 s,d 15.00 untuk mempelajari ilmu Ibu Profesional, maka diperlukan waktu 10.000 jam : (30 x 3 jam) =  112 bulan sekitar 9 tahun.. Atau ketika saya berusia 36 tahun.. huhuhu..... 

Untuk Digi Drawing, Km 0 saya adalah pada tahun 2010. selama 2010 s,d 2014 Saya meluangkan waktu rata-rata 5 jam per hari untuk belajar. Maka saat ini, saya sudah mencapai lebih dari 10.800 jam terbang. Apakah artinya sudah profesional? Hmm... hampir bisa dibilang begitu. Seperti yang sudah saya utarakan di NHW #2, saya hanya perlu mengorganisirnya dengan lebih baik, agar tingkat excellent dan earn nya meningkat.  

Tapi untuk seni kreativitas dan hand drawing... saya sama sekali belum mengalokasikan waktu. Maka.. saya harus invest waktu lebih banyak di sini. Karena bidang seni dan hand drawing ini bisa berbarengan dengan aktivitas menemani anak-anak belajar. Maka saya bisa meluangkan waktu 3 jam per harinya. Dengan demikian, sama dengan Ilmu Ibu Profesional, 9 tahun kemudian, diharapkan, Saya sudah profesional. 

Untuk ilmu public speaking, karena Saya berkomitmen untuk menjadi fasilitator di komunitas. Maka saya bisa meluangkan waktu 3 jam untuk praktek dan 1 jam untuk belajar teori. Jadi... Insyaa Allah Saya sudah cukup profesional 7 tahun kemudian.

pic form nasafcu
Bisa gak yaaa???? Kata mentor event organizer Saya, "It's always seem impossible until it done". Kerjakan saja... saatnya mengukir sejarah hidup bersama keluarga dan komunitas. Bukan sendirian.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar