Attracted to Paper

Hari Sabtu adalah hari masak-masak dan main sama Ayah. Pagi hari, Evelyn dan Nisrin sudah mengambil peran dalam kegiatan memasak. Evelyn memilih untuk memotong tempe, sementara Nisrin mengolah sayur bayam. Tidak seperti biasanya, Kirei hanya turut mengamati. Tapi keuntungannya adalah, proses memasak jadi cepat. 

Sayur bayam, tempe bacem, ayam goreng, lalab dan sambal dadak adalah menu yang sederhana dan cepat untuk dibuat. Alhamdulillah... perut kenyang, hati senang...

Hal ini penting sekali buat anak-anak, terutama Evelyn. Evelyn The Sensitive Child ini akan ceria dan produktif jika sudah makan nasi dan minum susu. Dan.. benar saja, setelah perutnya terpuaskan, dia mulai berkreasi.


Evelyn yang ceria, akan senang hati mengajak kirei untuk ikut berkreasi dengannya. Ia membuat kreasi kado untuk anak gank perpus yang berulang tahun sabtu ini. Kirei pun dengan antengnya mengikuti arahan Evelyn. Ini benar-benar hal yang "langka". Karena biasanya, selalu ada aksi perebutan diantara Kirei dan Evelyn. Tapi tidak kali ini. :D

Evelyn selalu tertarik dengan kreasi menggunakan kertas. Sejak usia 1 tahun, Evelyn sudah akrab dengan kegiatan menggunting kertas. (Portofolio Evelyn)

Saya tidak melakukan intervensi apapun ketika Evelyn berkreasi. Karena ia sudah punya imajinasi dan rencananya sendiri. 

Jika mood Evelyn sedang bagus, apapun hasilnya dia akan merasa bangga dan puas. Tapi... jika sedang kurang bagus, maka intervensi kecil saja bisa membuat ia sedih dan menghentikan kreasinya. 

Alhamdulillah... kreasi kadonya selesai dan dia puas dengan hasilnya. Meski lidah saya ini tak tahan untuk berkata, 

"Oh.. pakai kertas kado juga... kok tumben, biasanya mengguntingnya lebih rapi dari ini." (Jangan ditiru, lain kali harus lebih produktif lagi responnya.. >.<)

Untungnya Evelyn tidak tersinggung, dia malah tertawa kecil lalu berkata... 
"Hehehehe... habisnya aku bingung, ada rambut gajah kecil-kecil banget, nanti udah rapi-rapi tetep aja susah di bagian rambutnya. Ya udah aku gunting kaya begini aja."

Dan... tiba-tiba Saya ingat dengan doll house paper craft yang dibuat beberapa tahun lalu. Kala itu Evelyn baru berusia 2 tahun. Namun ia bisa menggunting sesuai pola, dan sangat berhati-hati karena ingin guntingannya rapi.



Mungkin seharusnya saya harus lebih sering memberikan aneka paper craft template pada Evelyn, dengan level yang semakin meningkat. Jadi kemampuannya bisa semakin terasah. 

Mudah-mudahan selanjutnya saya bisa lebih peka dan terencana, karena ketertarikan Evelyn pada paper craft ini memang sangat tinggi. Jadi akan amat disayangkan jika ia tidak diberi kesempatan untuk mengasah skill nya menjadi Excellent.

#KuliahBunSayIIP
#BundaSayang
#Tantangan10Hari
#Level7
#KeluargaBintang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar