Tahapan Belajar Merajut (Crochet) untuk Anak

Saya cukup terkejut melihat Evelyn masih lanjut eksplorasi keterampilan merajut (crochet). Sebelumnya Evelyn sempat eksplorasi membuat macrame dan alpha bracelet. Tapi Evelyn menyatakan tidak akan lanjut membuat alpha bracelet.. Untuk macrame akan masih dilanjutkan, tapi Evelyn sudah menyampaikan kurang suka dengan macrame. Nah tapi ternyata dia lanjut eksplorasi merajut (crochet). Kok bisa..?


Begini tahapan Evelyn belajar merajut (crochet):


Eksplorasi karya crochet di Pinterest

Yup.. jadi sebelum Evelyn akhirnya belajar crochet, saya dan evelyn terlebih dahulu mengumpulkan pin karya-karya Crochet di Pinterest. Dan ini sangat mempengaruhi rasa ingin tahu kami. Semakin kami sering melihat karya yang bagus dan unik, semakin kami ingin mencoba untuk membuatnya sendiri. 


Eksplorasi Tutorial Crochet

Nah setelah terpantik rasa ingin tahunya.. Kami memulai eksplorasi tutorial crochet untuk pemula. Youtube dan Pinterest jadi platform utama kami untuk belajar. Di Youtube, kami menonton tutorial crochet dengan kecepatan yang diturunkan. Supaya kami bisa fokus melihat step by step nya. 

Kemudian.. dari pinterest, kami mencari tutorial grafis yang mudah dipahami. Alhamdulillah banyak banget referensinya


Mencari Pola Crochet untuk Pemula

Nah jadi.. setelah eksplorasi sana sini.. menurut kami, lebih mudah dan menarik untuk mulai belajar dari amigurumi. Saat menyampaikan pada teman-teman yang hobi crochet, mereka cukup heran.. karena biasanya yang memulai crochet, tidak start dari amigurumi.

Bagi kami amigurumi lebih mudah karena, hampir semua pola amigurumi dimulai dari teknik yang sama. Teknik stitching nya itu-itu saja. Polanya berupa teks dan langsung ada jumlah stitch per baris. 

Dan.. kami bukan keluarga pemakai baju rajutan.. atau yang suka menata rumah dengan karya-karya rajut. Tapi.. kami suka main. Da Amigurumi itu ya mainan.. Kami bisa menemukan pola karakter yang kami sukai. Dan itu sangat memotivasi. 




Praktek Merajut Sesuai Pola

Setelah tau mana saja karya amigurumi yang ingin dibuat, kami mulai membuatnya satu per satu. Jadi.. biasanya kami menyepakati untuk tidak membuat amigurumi yang sama. Kenapa? Supaya hasil maisng-masing terlihat unik, dan kami bisa eksplorasi pola. 

Meskipun begitu.. kadang saya dan Evelyn bergantian saling coba. Misalnya saya sedang merajut Teddy Bear, kemudian Evelyn akan coba merajut beberapa baris pola. 

Dan dengan eksplorasi ini... kami menemukan spesialisasi sendiri-sendiri. Evelyn ternyata lebih suka pola yang memiliki banyak pergantian warna. Sedangkan saya, lebih suka dengan pola 1 warna. 




Praktek Modifikasi Pola

Setelah eksplorasi pola, Evelyn mulai belajar memodifikasi pola. Dan ternyata dia bisa. Dia bisa memodifikasi pola, hingga karya buatannya jadi unik. Pakai pola buatan orang lain, dengam sentuhan personal yang unik


Membuat pola sendiri

Setelah cukup banyak membuat dan mencoba pola. Evelyn semakin penasaran untuk membuat pola sendiri.. Karena banyak sekali pola amigurumi untuk karakter atau bentuk yang ia sukai, namun tak bisa eksekusi karena polanya berbayar. 😆

Ternyata.. keterbatasan itu tak menghalangi rasa ingin tahunya.. Evelyn mulai coba membuat pola sendiri. Dan.. ia mulai buat dari segala yang berbentuk simetris, seperti mandala dan granny square 

Dan ternyata dia bisa..  😆🤩

Beneran gak nyangka.. bahwa dia bisa berbinar.  Dan menemukan fungsi pelajaran matematika melalui crochet. 

Tahapan membuat pola sendiri inipun akan terus meningkat secara bertahap. Jadi.. saya masih akan memantau pergerakan Evelyn..


Apakah ada yang tertarik untuk belajar juga? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar