Memilih Pensil Warna Untuk Anak

Anak-anak selalu akrab dengan kegiatan berkreasi menggunakan warna. Media yang digunakan bisa apa saja, apakah cat air, pensil warna, crayon, oil pastel, atau bahan pewarna alami. Anak-anak bisa dikenalkan dengan ragam media supaya mengenali perbedaan efek warna, tektsur, cara memegang, dan kombinasi ketika digabungkan. Serunya lagi, dari satu jenis media saja, tersedia beragam merek, yang akan menghasilkan hasil yang berbeda pula.



Nah.. anak saya, termasuk yang menyukai pensil warna, alasannya karena pensil warna itu "bersih" dan praktis. Merek Pensil warna yang pernah kami coba: 

  1. Faber Castell Classic Colour: Pensil warna sejuta umat 😅
  2. Faber Castell Polychromos: Pensil Warna yang "Pro"
  3. Faber Castell Junio Triangular: Membantu anak belajar memegang pensil dengan benar
  4. Staedtler Luna Water Color Pencil: Mewarnai sambil melukis
  5. Staedtler Coloured Pencil: Pensil Warna yang nyaman digunakan untuk mewarnai detail kecil.
  6. Sakura Coupy Pencil: Pensil Warna Paling Awet dan Bersih!
  7. Deli Color Pencil: Warna Bold dan Nyaman digunakan
  8. Tianbowen Pastel Color Pencil: Warnanya unik, cocok buat nge bujo
  9. Tianbowen Neon Color Pencil: Ini buat ornamen dan efek neon aja
  10. Carand'ache Neocolor: tidak termasuk pensil, tapi penggunaannya mirip pensil. 


Dari semua pensil warna yang pernah dicoba, untuk anak-anak usia <4 tahun, saya suka Sakura Coupy Pencil. Karena tidak mudah patah, diameter cukup besar, dan tidak kotor di tangan atau kertas. Tapi faber castell junior triangular bisa jadi alternatif lain, dengan warna yang lebih kontras dibanding sakura. 



Untuk usia >4 tahun Deli jadi favorit, karena diameter pensil juga agak besar, tekstur empuk, warna kontras dan tidak mudah patah. 


Untuk anak yang serius belajar gambar dan mewarnai dengan pensil, boleh pakai Polychromos dan Carand'ache. Ini saya anjurkan jika anak memang sudah mulai serius dan sudah punya basic technic. Kenapa? Karena harganya lumayan mahal, jadi kalau "cuma" corat-coret, agak sayang ya.. mending pakai pensil warna lain aja dulu yang jauh lebih terjangkau. 

Used Polychromos By Evelyn 2020

Used Deli by Evelyn 2021

Used Deli by Evelyn 2022


Teknik dasar apa yang bisa dilatih dengan menggunakan Pensil Warna untuk anak? Berikut sesuai urutan berdasarkan pengalaman saya mendampingi Evelyn yang memang hobi menggambar:

  1. Konsep dasar warna: Mengenal jenis warna primer, tersier dan sekunder. Mana yang termasuk warna netral, warna panas, warna dingin dan warna kontras. Juga gradasi tiap warna
  2. Cara memegang pensil: ini penting supaya anak tidak mudah capek saat mewarnai dan mencegah adanya cedera karena memegang pensil terlalu lama. 
  3. Back and Forth Stroke: meletakkan pensil pada kertas dan mewarnai secara terus menerus tanpa henti untuk menghasilkan warna yang solid. Tekanannya juga dapat disesuaikan untuk menghasilkan warna lebih intens maupun lebih lembut sesuai keinginan.
  4. Scumbling: penggunaan gerakan memutar atau melingkar dengan pensil warna untuk menciptakan tekstur dan efek kabur pada gambar. Teknik ini cocok untuk menciptakan tekstur dan efek kabur (blurring effect) yang lembut.
  5. Stipling: penggunaan titik-titik kecil dengan pensil warna untuk menghasilkan efek visual dan tekstur tertentu.
  6. Blending & Gradation: Menggabungkan warna-warna menjadi warna baru atau menyatukan warna-warna menjadi gradasi yang halus.


Apakah tertarik juga untuk eksplorasi pensil warna, mewarnai dan menggambar dengan pensil warna? Boleh share pengalamannya juga ya... 😉

2 komentar:

  1. Teh.. open class untuk anak - anak gak teh ? 🤩😄

    BalasHapus