10 Rekomendasi Buku Biar Tambah Bahagia

Di awal tahun, Saya kan sempat buat tulisan mengenai Balon Kebahagiaan, nah di pekan ini entah kenapa "algoritmanya" nyangkut ke topik bahagia lagi. Mungkin karena saya terlalu banyak melihat aneka macam pencapaian orang lain yang udah gass poll padahal baru pertengahan Januari. Mungkin karena saya yang baru sadar, kok 1 tahun tuh "singkat" ya.. 😳 Baru "kemarin" selesaikan CSP komunitas, eh udah siap-siap bikin rencana 2025 dong.. 😆 Baru juga anak masuk sekolah, eh kok udah bahas PTS dan libur akhir tahun ajaran 2023/2024. 


Pada akhirnya kaya.. "Ya Allah.. betapa kok sibuk banget ya urusan dunia tuh.. Ya tapi kan gak bisa ditinggalin..". Terus nanya lagi ke diri sendiri, lihat rencana personal, ini beneran yang kamu mau? Beneran jalan bahagianya kamu? Nah kan... jadilah keingetan lagi sama si topik bahagia.  Terus, saya cek lemari buku, wow.. buku dengan tema bahagia ada lebih dari 10 😅😆😂 Semoga ini tanda bahwa saya selalu berupaya untuk bisa merespon dengan bahagia, dan siapa saja yang berupaya insyaa Allah akan mendapatkannya. (Mode Optimis)



Nah.. kembali ke lemari buku. Jadi.. saya pilih lagi koleksi buku dengan topik bahagia, dan.. ternyata ada 10 buku yang bisa saya rekomendasikan, dengan urutan dari yang paling saya sukai. 


1. Proses Kebahagiaan atau Kîmiyâ'us Sa'âdah Karya Imam Al-Ghazali

Buku ini beneran bagus, daging banget, dan kami gak akan bisa menyangkal isi dari buku ini sih.. Dan.. namanya Al-Ghazali ya.. semua kalimat dalam buku ini tuh susah untuk dirangkum atau diringkas. Semuanya penting gitu.. Dan FYI, buku inituh semacam "makalah" yang dibikin Al-Ghazali. Masya Allah.. makalahnya aja bagus banget. 

Masa sih gak bisa diringkas atau dirangkum? Ya silahkan baca sendiri ya.. tapi ada 1 kunci yang digunakan dalam buku ini, yaitu fitrah bahagianya manusia itu adalah kembali menuju Allah SWT. Dan supaya bisa kembali menuju Allah SWT, kita perlu mengenal Allah. Bagaimana caranya? Dengan Mengenal diri sendiri. 

Nah di buku ini dijelaskan bagaimana cara "mengupas" diri sendiri. 


2. The Things You Can See Only When You Slow Down Karya Haemin Sunim

Buku ini tuh bisa memandu kita untuk mindfull dan merasa nyaman dengan jalur, pace kehidupan yang kita jalani. Bisa menyeimbangkan antara hidup yang penuh harapan, impian dan target, dengan penerimaan dan rasa syukur. Ada versi bahasa inggris dan bahasa indonesia, Saya punya keduanya, tapi yang versi bahasa inggris lebih saya rekomendasikan. 


3. Filosofi Teras Karya Henry Manampiring

Ini buku filsafat yang mudah dipahami, dan cocok banget buat yang awam banget sama filsafat. Dan alur bukunya tuh bikin logika kita lebih tertata, sekaligus memantik EQ dan SQ kita. Dan gara-gara buku ini.. saya punya ide bikin Virtue Space 🤭 Kaya apa? Ya belum bisa diceritain di tulisan ini yaaa...


4. Don't Sweat The Small Stuff for Women, Karya Cristine Carlson

Buku ini yang menemani saya di awal pernikahan loh.. 😅😆 Jadi dulu.. dan kadang-kadang sampai sekarang, pikiran saya sebagai perempuan dipusingkan dengan hal yang sepele. Jadi di buku ini tuh, disampaikan aneka studi kasus yang biasa dianggap masalah, yang sebenarnya gak perlu dianggap masalah. Ini citek banget ladies! Gak usah overthinking dan merana perasaannya karena hal ituu.. begitu kira-kira.. 😁


5. Sentuhan Kalbu, Karya Ir. Permadi Alibasyah

Buku ini merupakan kumpulan Kultum nya Ir. Permadi Alibasyah. Dulu suka ikut kajian beliau di Bandung, tepatnya di Aula Alifa Shopping Center. Dapet buku ini, 3 bulan setelah menikah. 🤭 Buku ini mengajak kita untuk meraih Dunia Bahagia Akhirat Surga. Bahasanya ringan, mudah dipahami, dan logis banget. 


6. Happy Kids Happy You, Karya Sue Beever

Buku ini merupakan panduan praktis menerapkan NLP dalam menghadapi tantangan bersama anak-anak. Dilengkapi panduan latihan, dan testimoni dari yang sudah berhasil menerapkannya. Buku ini juga yang jadi inspirasi saya merancang Boardgame Eggberry (Tapi belum selesai-selesai revisinya 😢).


7. Happy Everyday, Karya Ajahn Brahm

Yang ini isinya Quotes Pencerahan dengan ilustrasi yang gemes. Ini semacam one day one quotes. Isinya ada 365 Quotes. Jadi bisa banget dibaca untuk setahun. Supaya tiap hari selalu ada booster happiness. Daan.. ini punya saya sampai lecek, karena ini jadi favorit anak-anak. Biasanya kalau anak-anak ada yang berantem atau bad mood, suka ambil buku ini dan jdi bisa "berdamai". 😄


8. Sabar & Ridha Resep Hidup Daman dan Bahagia, Karya M. Zaki Mubarak

Buku ini isinya berupa renungan-renungan dan kisah-kisah pendek. Ada juga yang formatnya mirip quotes yang diambil dari beragam kitab karya para ulama sufi. Jadi.. bagus sih. Nyufi tapi gak bikin pusing memahaminya. 


9. Love for Imperfect Things, karya Haemin Sunim (lagi)

Faktanya, kondisi di dunia ini sering nampak "tidak sempurna" versi kita. Gimana sih cara menempatkan diri dan berdamai dengan itu semua? Karena jika kita berhasil menerimanya, maka kita akan bisa mengambil hikmah betapa semuanya itu sudah merupakan skenario yang sempurna. 


10. The Compass: Filosofi Arete untuk Bahagia Sejati, Karya Henry Manampiring (lagi)

Ini buku terbaru saya dengan topik kebahagiaan. Sama dengan buku Henry Manampiring sebelumnya, ini juga mengangkat konsep filsafat. Dan menurut saya yang ini lebih "berat" 😆. Tapi bagus banget untuk dibaca.. supaya struktur berpikir kita makin bagus. Karena kalau struktur berpikirnya bagus, gak akan gampang baper sama situasi atau tantangan. 


Nah.. itu dia 10 Buku Rekomendasi dari saya, supaya kita lebih mindfull dan mampu merespon segala situasi, kondisi, kejadian dan keadaan dengn bahagia. Karena bahagia itu bukan tujuan, tapi keputusan dan pilihan kita sendiri. 

Kamu punya buku lain yang ingin direkomendasikan? Yuk dishare di kolom komentar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar