Melatih Kemandirian Hari Ke-6

Setelah Hari ke-5, Saya ambil jeda dulu sebelum masuk hari ke-6. Rabu, 1 Maret 2017 Saya melatih kemandirian anak-anak dalam melakukan morning routines. Jadi... pagi-pagi anak-anak masih harus dicerewetin untuk: Shalat - Beresin Kamar - Mandi - Sarapan - Minum Vitamin. Dan kalau Bundanya gak cerewet, mereka akan santai aja.... kadang baca buku, atau langsung ambil kertas buat corat coret dan bikin-bikin, atau tetep tiduran. 
Pertama, Saya tempel poster daily routines di pintu kamar Evelyn, jadi mereka bisa ingat urutan kegiatan yang harus segera dilakukan. Biasanya mereka akan segera bergegas, ketika perutnya semakin lapar. Iya... soalnya mereka boleh sarapan kalau sudah mandi. 

Saya berusaha mempertahankan intonasi suara, tapi..... tetep aja ada nada tinggi yang keluar. Habisnya gemeessss....... bilangnya iya, tapi gak action juga. @.@ 

"Iya bunda.... aku cuma lihat ini.."
"Iya.... tungguu... aku mau cari itu..."
"Aku mau ditemenin di sini aaja!!"

Beres-beres juga sebenarnya bukan asal disuruh, tapi ditemenin. Tapi tetep ajaa.... bikin gemes lihatnya. Kirei kebagian beresin keranjang boneka sama menyusun bantal. Evelyn beresin tempat tidur, selimut dan sapu lantai. Nisrin bantu beresin mainan Evelyn dan kamarnya sendiri. Hasilnya? Nisrin udah lumayan oke... Kalau Evelyn, lantainya harus saya sapu lagi. Kirei? Yaa gitu deh... (Sabar...sabar... abaikan hasil, jalani proses dulu).


Evelyn kalau gak bareng Nisrin, mandinya masih belum bener, ada bagian-bagian yang kelewat. Jadi Evelyn harus mandi bareng Nisrin. Atau saya perhatikan, supaya urutannya benar dan tidak ada yang terlewat. Kirei juga sama, terlebih kirei. Tapi... kemarin Nisrin mau ambil alih urusan permandian adik-adiknya. Haaa.... yokatta!! :D

Setelah mandi, Kirei dan Evelyn akan tetap ribet dengan urusan baju. Kadang Evelyn akan merengek karena kancing bajunya susah untuk dimasukkan. Atau Kirei yang merajuk tak mau pakai baju sendiri. 

Setelah siap, mereka boleh sarapan. Sarapan juga suka heboh. Heboh dengan pilihan piring atau sendok. Padahal piring 3 bersaudara ini udah disamakan, tapi adaaa aja yang diributin. 

"Aku gak mau pakai sendok, maunya pakai garpu dan pisin."
"Aku juga maunya pakai garpu... tapi disuapin."

Biasanya saya langsung tegas (cenderung galak), harus makan sendiri, kalau ada yang dimau, harus ambil sendiri. Di sini saya sering lupa untuk mempertahankan intonasi. Soalnya gemes kan, udah siap, makanan udah di depan mata, mereka malah ngeributin pengen yang lain. Kadang Evelyn suka mahiwal, dia suka pengen beda sama kirei. Tapi kirei pengen sama dengan Evelyn. Dan itu jadi pemicu pertengkaran. Fiuhhhhh.... (ingat mindfulness chika....).

PR nya, saya harus segera pasang poster urutan mandi, urutan beres-beres kamar, dan poster komunikasi produktif, supaya banyak pengingat dan mengurangi kecerewetan. :D

2 komentar:

  1. kebayang serunya setiap pagi yaa chik.. hahahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaa bayangkanlah, 3 anak, LDM, tak ada ART, plus ngajar. @.@

      Hapus