Road to Perak 2017, Berkemas

Perak 2017 hanya beberapa hari lagi!! Para peserta dari luar kota, banyak yang sudah dalam perjalanan. Hari ini kami mulai berkemas. Kenapa baru hari ini? Karena kemarin baru selesai beres-beres.. Jadi otomatis, pakaian yang jadi bawaan utama, juga baru siap dikemas. Ingin sekali rasanya, 1 orang bawa 1 tas miliknya masing-masing. Tapi harus sabar, mungkin menunggu hingga mereka berusia 8 tahun.

Saya berusaha meminimalisir barang bawaan, supaya tidak repot di perjalanan. Dan... Inilah hasil efisiensi barang bawaan kali ini. 


Meski panitia meminta para peserta membawa beragam perlengkapan. Kami putuskan, cukup ini saja. Bismillah.. "Nak...kalau mau berenang, ganti baju dulu yaaa.. Jangan asal nyebur" :P

Nisrin sudah mengemas barangnya sendiri. Ia punya jadwal pakai baju dan list barang yang ia bawa. Saya hanya memberikan saran mengenai cara ia menyusunnya dalam tas. 

Evelyn, dia belum bisa mengatur jadwal pakai baju. Jadi saya usahakan, baju yang ia pakai sepasang atau setipe dengan Kirei. 

Anak-anak sejak awal mengamati cara saya menyiapkan barang bawaan. Evelyn kemudian berkomentar, "Jadi kalau mau melakukan perjalanan, kita harus buat rencana dulu... Buat daftar baju. Buat daftar acara... Biar nanti gak... Hah.. Aku ngapain? Hah aku pakai baju apa? Gitu ya?

Pada sesi berkemas hari ini, Kirei tidak banyak turut campur. Ia hanya berkomentar, "Jangan ketinggalan ya baju akunya." -.-"

Okay.. Hari ini kami sangat produktif dan semakin antusias menyambut Perak 2017. Mohon do'anya supaya perjalanan kami penuh keceriaan dan keberkahan. 

Sampai jumpa lagi besok... :)

Konmari project ini dimulai ketika Game Perak 2017 dimulai. Seharusnya, bulan ini seharusnya sudah sampai ke level 3. Oh iya.. bagi teman-teman yang belum tahu, Level 1 konmari adalah pakaian dan kain. Level 2 adalah buku dan kertas.
Level 3 adalah dapur.
Saya putuskan untuk mengajak anak-anak untuk melanjutkan ke level 3, dalam waktu 2 hari. Kenapa? Karena kami akan menuju Perak. Saya rasa rumah harus dalam keadaan rapi dan kondusif ketika ditinggalkan. Karena ketika kami pulang dari Perak, tentu memerlukan istirahat. Dan membawa ide-ide project lainnya. Jadi... Ini harus segera diselesaikan.

Anak-anak sebelumnya sudah berlatih kemandirian dalam mencuci bekas makannya masing-masing (Masih di tahap pembiasaan). Nisrin juga sudah terbiasa memasak nasi dan bantu menata perabotan dapur.

Jadi, ini saat yang tepat untuk menata kembali dapur kami.

Sore, pukul 16.30 anak-anak merapikan kembali kamar masing-masing. Kenapa? Karena di kamar anak-anak biasanya ada banyak peralatan dapur yang digunakan untuk bermain.. :P

Kemudian semua peralatan disimpan di pantry, dicuci dan dipisahkan mana yang sparkling joy.. Yang unsparkling joy dipisahkan.

Alhamdulillah... Pukul 18.00 WIB sudah selesai disortir, lantai juga sudah dipel oleh Evelyn dan Kirei. Kami bisa makan malam dengan hati gembira sambil menunggu kedatangan Ayah. :)

Sampai hari ini anak-anak dan saya sendiri semakin merasakan betapa menjaga kebersihan dan kerapihan rumah itu perlu usaha ekstra. Ada kebiasaan-kebiasaan yang perlu diperbaiki terlebih dahulu jika ingin melampaui level konmari.

Misalnya, level 1 harus terbiasa meletakkan, memisahkan pakaian yang mau dicuci. Mencuci pakaian dalam sendiri. Menjemur, melipat dan menyetrika pakaian sendiri.

Level 2, terbiasa meletakkan kembali buku pada tempatnya. Memisahkan kertas-kertas gambar, struk belanja dll.

Level 3, harus terbiasa menyegerakan cuci piring, dan menyusun kembali strategi menu homemade food.

Masih banyak PR di level 3 ini, diantaranya adalah menyalurkan barang-barang dapur yang unsparkling joy dan mempercantik dapur. Mudah-mudahan besok bisa didelegasikan pada orang lain. Karena besok, kami harus mengerjakan project: Road to Perak, cheerful journey.


#Day2
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunSayIIP


1 komentar:

  1. Aku punya ponakan juga gitu hahah sepupuku ngajarin lipet baju buat liburan eh malah nyantai di pojokan kamar, ngemilin Cheetos trus bilang, "iya.. ho'oh.. jangan lupa jins aku ya mah.."
    Laaaahh... hahahha

    BalasHapus