Radius Jelajah Kampung Halaman

Ketika masih duduk di bangku SD, kala itu Saya dengan antusias menanti waktu liburan. Karena biasanya, liburan sekolah pasti liburan ke Bandung. Keluarga Saya memang banyak yang tinggal di Bandung termasuk Nenek dari kedua orang tua. Dari SD s.d Kuliah pun Saya bolak-balik tinggal di Cianjur-Bandung.Tapi, kalau dilihat dari garis keturunan sampai level Uyut, Bandung bukanlah kampung halaman keluarga Saya. Tasik adalah kampung halaman dari garis Ayah, dan Cianjur Selatan adalah kampung halaman dari garis Ibu. Ayah Nisrin berasal dari Subang. Setidaknya ini membuktikan Kami orang Jawa Barat tulen... :D


Tidak banyak yang Saya ketahui tentang Tasik, karena amat jarang Kami berkunjung ke sana. Terakhir ke sana cuma numpang lewat karena mau wisata ke pangandaran. Cianjur Selatan pun baru 5 kali Saya kunjungi. Kenapa? Hmmss... coba deh lihat peta di bawah ini:


Dulu sebelum Tol Cipularang ada, Cianjur disebut sebagai kota transit. Karena Bandung-Jakarta harus melewati Cianjur dulu. Dulu sering disebut kota kecil juga. Mungkin karena mereka belum pernah nelek-nelek peta cianjur. Padahal Cianjur itu dari batas Puncak sampai perbatasan Australia teman.... (LOL). Nah... sekarang Saya tinggal di pusat pemerintahannya, Kec. Cianjur... dan.... Uyut saya berasal dari Sindangbarang (Pantai Selatan!!). Jadi, kalau Dari ujung utara s.d ujung selatan pakai mobil itu kira-kira perlu waktu 9-11 jam perjalanan, tanpa macet atau istirahat. Wow..... jadi jangan bilang Cianjur kota kecil lagi ya.

Karena pusat pemerintahannya ada di utara, otomatis pembangunannya belum merata. Waktu Saya berkunjung ke Cidaun, listrik sering mati, sinyal internet juga kurang bagus. Tapi untuk akses jalan sudah bagus. Mengenai Wisata Pantai Selatan Cianjur, tidak akan Saya bahas. Tapi saya pernah menceritakan pengalaman Saya ke Cidaun.

Selama tinggal di Cianjur, Saya cukup dimanjakan dengan kemudahan akses. Kampung saya dulu dikenal dengan sebutan Kampung Pulo. Maka dari itu banyak Gang yang dinamai dengan nama-nama pulau di Indonesia. Lokasi tempat Saya tinggal juga dekat dengan Alun-alun, Supermarket, Mini Market, Kuliner Favorit, dan saat ini ada 6 jurusan angkot yang bisa diakses dengan mudah. Hehehe.... pokoknya ini di K-O-T-A (Lol).

Beli Soft Bread tinggal jalan sedikit... (Jajan Terus nih...)

Meskipun ada akses yang mudah, radius jelajah saya sehari-hari ya hanya di Kec. Cianjur nya saja. Dengan aktivitas mengajar Senin-Jum'at, dan 3 anak, membuat Saya tahan untuk tidak bepergian jauh. Maaf ya teman-teman dan saudara-saudara.... Saya sangat jarang berkunjung, harap maklum.

Menurut kalian, membosankan tidak jika di situ-situ aja, jarang kemana-mana? Jawabannya yaa tergantung kitanya aja sih. Kalau kita enjoy, ya tetep seru kok. Apalagi jika melihat deretan kuliner yang mudah dijangkau. Mari kita lihat daftar tempat yang ada dalam radius jelajah Saya di bawah ini:

  1. Bakmi Gondrong
  2. Mie Yamien Mang Ade
  3. Roti Popon
  4. Nasi Tim Kodjo
  5. Alfamart
  6. Ketoprak (Pagi)
  7. Pecel Lele (Malam)
  8. Pasar Kamis
  9. Indomart
  10. Lotek Teh yani
  11. Maple Bakery
  12. Warung Padang
  13. Ayam Goreng Pe'i
  14. Pasar 
  15. Cuis Cake
  16. Kembang Tahu
  17. Warung Nasi uduk
  18. Martabak Bangka
  19. Baso H. Iri
  20. Yogya
  21. Tankencu
  22. Tujuh Sebelas
  23. Warung Nasi Super Lengkap
  24. Rumah Bakso
  25. Marangga Maranggi
  26. Bakso Senggol

Hehehe... belum ditambah Cafe cafe yang menyediakan layanan pesan antar... Untuk urusan kuliner, lebih dari cukup. Hampir segala jenis makanan bisa didapat dengan mudah. Alhamdulillah....

Untuk urusan kegiatan rekreasi, bagi Saya bisa selonjoran di kamar sambil pegang handphone tanpa direcokin anak saja sudah sangat menyenangkan. Hehhe... Kenapa? Karena saya bisa berinteraksi, ikut kuliah online, diskusi, dan baca blog teman-teman #1minggu1cerita. Atau sekedar berbelanja di supermarket selama 30 menit, sementara anak-anak main di arena bermain soft play. Aihhhh itu refreshing banget... :D


Beneran gak bosen? Yaa... kalau cuaca cerah dan kondisi anak-anak fit, Saya juga suka mengadakan kegiatan #RabuBikin2 di Perpustakaan Ambu bersama anak-anak dan Field Trip 1 bulan sekali bersama komunitas Ibu Profesional.



Kadang teman-teman SMA saya yang baik hati juga mengundang untuk ikut pertemuan arisan, meski Saya tidak ikut arisan..

Jadi... apakah teman-teman mau seru-seruan bareng saya di Cianjur? Yaa.... minimal kita bisa main ayunan bareng di rumah sambil makan es krim.


atau nongkrong santai di tempat-tempat yang sudah saya sebutkan di atas. ;)

Masih kurang seru? Ya boleh.... kita keluar dari radius jelajah dan jalan-jalan ke Perkebunan Bunga, Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara atau Kota Bunga. Beneran nih? Iya bener... asal kamu bawa mobil, Saya temenin. Hehehe....

Oh iya... saya bersama komunitas IIP Cianjur juga mau bikin acara piknik bareng. Terbuka untuk umum kok. Siapa tau kita berjodoh untuk merumput bersama... :D


Terima kasih sudah berkunjung. ;)


7 komentar:

  1. Seru kok teh..hihi..kalo sudah ada anak, standar kebahagiaan dan rekreasi juga sederhana saja. Sayapun sangat menyukai ngagoler sambil baca-baca blog/artikel :)

    BalasHapus
  2. hallo teman sekampung, sama-sama nyeritain cianjur, tapi sedikit dengan sudut pandang yang berbeda. salam kenal Teteh.

    BalasHapus
  3. Keseruan kampung halaman memang tergantung sudut pandang ya, mbak. *belajar hal baru. :)
    Btw salam kenal kak, saya Putri Lestari member #1M1C juga.. :)

    BalasHapus
  4. Cianjur, cuma lewat kalo lagi ke cipanas. Perjalanan singkat, Bandung--Padalarang--Rajamandala--ciranjang--cianjur--cipanas. heuheuheu

    BalasHapus
  5. Pengen kl ada rezeki dan waktu main-main ke cianjur :)

    BalasHapus