Hari ke- 6 Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif

Minggu, 29 Januari 2016 didakan pengajian bulanan KiTa Call Cianjur di Kebun Bunga Ciputri.


Karena tempatnya kids friendly, jadi Kami sekeluarga menghadirinya. Adik-adik Saya yang datang dari Bandung juga ikut serta. Jadi Family Forum kali ini, lengkap. :D


Pagi hari Kami sudah siap-siap berangkat... Saya juga menyiapkan amunisi cemilan andalan untuk Kirei. cha cha... :D Ada moment komunikasi yang wajib saya catat. Yaitu mengenai pemilihan kata.

Dibandingkan dengan Suami, Saya lebih sering mengeluarkan kata-kata berkonotasi negatif. Meski maksudnya hanya bercanda. Misalnya saja..... dicuri (Red: diamankan).

Jadi, jika suami Saya mengamankan sesuatu, tanpa sepengetahuan/seizin Saya, Saya sering keceplosan bilang... "Ih... kue Kirei dicuri..". Padahal saya tau itu tidak dicuri, cuma diamankan supaya tidak dimakan sekaligus oleh Kirei dan/atau supaya tidak disemuti. Suami Saya suka protes dengan cara menanggapi, "Diamankan Bunda.....". Dan biasanya Saya cuma senyum, dan berkata... "Iya...". Iya, tapi tetep aja sering keceplosan. 

Ketika mengemas amunisi cemilan yang tadi saya sebutkan, Suami Saya langsung berkata... "Dicuri ah....". Lalu saya tertawa, dan menanggapi sebaliknya... "Diamankan Ayah...". Lalu suami saya langsung berkata, "Nah... sekarang setelah belajar komunikasi produktif, sudah ngerti kan apa bedanya? Kenapa Ayah suka memilih kosakata tertentu? Kenapa Ayah jarang berkomentar?"

Waduhhh.... langsung dapat interogasi dan wawancara... >.<

"Sekarang udah ngerti kan...?"

"Hmssss.....", gumam Saya sambil tersenyum gengsi. :P

"Haduhhh.... Bunda.... Bunda. "

Hihihihi.... yang sabar nemenin Bunda belajar ya Ayah.... :D

Pelajaran yang Saya dapat di hari ke-6 adalah... seringkali kosakata yang kita pilih itu tidak baik. Tapi kita tidak merasakan efeknya, sampai kita sendiri berkomitmen untuk hanya berkata baik sehingga bijak memahami pemilihan kata, dan/atau menerima ucapan dengan kosakata yang serupa. Efek dari pemilihan kata-kata memiliki dampak yang besar. Status bijak dalam memilih kata-kata tidak dapat diperoleh begitu saja. Tapi memang perlu latihan dan mau menerima krisan ketika ada yang menanggapi apa yang kita ucapkan.

#hari5
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunSayIIP

Hari ke-6: Choose Your Words






Tidak ada komentar:

Posting Komentar