Hari ke-3 Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif

Kamis, 26 Januari 2017 ada event Nobar FIlm Iqra' di TSM. Nisrin ikut Rombongan Nobar bersama Bunda Eva (red: Neneknya).


Saya tetap di Cianjur, mengisi jadwal mengajar di TK dan membuat event perdana "Lapak Gratis" IIP Cianjur. Jadi, Saya memulai hari dengan "Eat That Frog", yaitu... Beres-beres dan nyuci piring... Hehehe..... Iyes... itulah kodok Saya di hari kemarin.

Saya batasi 1 jam. Alhamdulillah, jam 6 anak-anak udah mulai sarapan. Dan Nisrin bisa berangkat tepat waktu. Evelyn mood nya bagus, karena pagi hari sarapannya sesuai dengan selera. :D

Sampai jam 09.15 Saya menemani anak-anak belajar di TK, kemudian izin untuk membuka Lapak Gratis bersama Teh Rindu. Tadinya ingin menitipkan Kirei di sekolah bersama guru lain. Di sini Saya salah bicara. Saya keceplosan bilang "Mau mencari kakaknya Nisrin". Padahal tidak. Teng Tong.... Jangan diulangi dan ditiru ya temans... Maaf.

Akhirnya Saya bawa Kirei dan Teh Rindu juga bawa anaknya Azwan. Kami berjalan sedikit menuju Pasar Kamis, dan mencari lapak yang kosong. Alhamdulillah dapat. Kami minta izin dulu pada pedagan di kanan-kiri dan berjanji tidak akan lama membuka lapak.

Awalnya, Kami agak kesulitan menjelaskan apa yang Kami lakukan. Lapak Gratis? Berusaha untuk menyampaikan hal baru karena FoR/FoE nya beda-beda.

"Maksudnya jualan terus ada gratisannya?"
"Beli 1 Gratis 1?"

Jadi, Kami tetap harus menjajakan barang, "Mangga Ibu... bilih aya nu peryogi keneh, sadayana gratis. Tiasa nyandak 2 barang. Dipilihan we..." (Silahkan Ibu... siapa tahu ada yang masih diperlukan, semuanya gratis. Boleh ambil 2 barang).

Ada Om Saya yang tak sengaja nongkrong di tempat Kami membuat lapak. Dia membantu Kami menjajakan barang gratis di Lapak.

"Nyobian dagang ahh.... Icalan gratis oge hese, kumaha icalan nyaan nyaa..." (Coba jualan ahh.... Jualan gratis aja susah, gimana kalau jualan beneran ya..) Hihihihi.... tetep ada tantangannya yaa.

Kirei mulai tidak betah, di sini Saya berusaha membuatnya anteng bersama Azwan, dengan mengeluarkan amunisi cemilan dan menggiring mereka main bareng di tempat yang aman. Alhamdulillah.... bisa bertahan sampai pukul 10.30. Dan barang-barang di lapak sisa beberapa item saja. Bisa dijajakan lagi di Lapak Gratis Bulan depan. Insyaa Allah.


Setelah makan siang, ada jadwal les menggambar. Biasanya dimulai pukul 13.30. Tapi kemarin, murid les datang terlambat. Biasanya Kirei anteng ikut menggambar, kemudian tertidur setelah les 30 menit berlangsung. Tapi kemarin, jadwal ngantuk dan tidurnya terganggu. Dia rewel, rungsing dan riweuh. 3R. Tapi saya bisa tetap tenang, meski kurang nyaman dan merasa tidak enak dengan murid les. Yaa... mau gimana lagi, jadi sebisa mungkin membuat Kirei untuk tenang. Berusaha untuk menanggapi  3R nya dengan intonasi dan suara yang datar. Alhamdulillah, jam 16.30 bisa tidur dan bablas sampai pagi. Hahaha.... dia bener-bener capek dan ngantuk.

Alhamdulillah, Saya juga bisa berdialog dengan santai sebagai Quality Time bersama Evelyn setelah maghrib. Ia senang bisa membantu Bunda menemani Kirei main, mengalah dan tidak ikut rewel. Dia mau mandi sendiri, tanpa diingatkan. Dan ia menyatakan kebanggaan pada dirinya sendiri dengan mata berbinar-binar. Kemudian, tidak lama Evelyn juga tidur lelap.

Nisrin pulang sekitar pukul 22.00 Kami kemudian ngobrol bertiga (Saya, Nisrin, Bunda Eva) di ruang makan sambil makan roti unyil. Sampai pukul 22.30 barulah Kami semua pergi tidur.

Hari 3R namun bisa tetap dijalani dengan menyenangkan.

#Hari3
#Tantangan10Hari
#KelasBunSayIIP
#KomunikasiProduktif

*Hari ke-3: Latihan memahami FoR/FoE dan mengendalikan intonasi dan suara.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar