Hari ke- 4 Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif

Salah satu kebiasaan Saya adalah berteriak karena panik ketika anak-anak melakukan sesuatu yang tidak boleh atau bahaya. Misalnya saja, Kirei suka sekali duduk di pinggir perosotan, dan itu jelas tidak aman. Sudah berkali-kali diberi tahu, dan dia juga tahu kalau itu tidak aman. Tapi yaa... tetep aja suka penasaran. Dan kalau itu terjadi, biasanya saya akan berteriak...


"Kirei jangan kaya gitu...!"
"Kirei duduk aja di perosotan..!"
"Kirei naiknya pelan-pelan aja!"
"Kirei, Kirei... KIREI!!!" :P

Nah, di hari ke-4 Saya berusaha meredam teriakan Saya..
"Kirei, Bunda pengen Kireinya main perosotan aja... Duduknya yang betul yaa..." Meskipun, kaki ini rasanya ingin menjejak-jejak tanah karena kesal lihat gayanya yang ngahajakeun pisan.

Efek dari Saya yang sering panik, tentu saja ditiru Kirei. Dia suka menjejak-jejakkan kakinya sambil berteriak, jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan/harapannya.

Tapi hari Jum'at kemarin.. Saya berusaha untuk menanggapi positif ketika kirei panik. Dan ternyata, sebelum tantrum, biasanya kirei akan menunjukkan gejala panik. Jadi, sebelum dia tantrum, kepanikannya harus diatasi.

Salah satu kalimat yang ternyata cukup manjur adalah...

"Eh... Bunda gak ngerti... Kirei nya tenang dulu. Coba bilang, Kirei mau apa?"

Dan biasanya dia akan menangis sambil berkata, "Aku mau i.....tuuu....?"

Jadi, apapun yang diinginkannya, dia akan bilang mau itu. Dan ini kadang Saya mengerti, kadang juga tidak.

"Boleh.... Kirei mau itu...? Itu apa ya...? Mau ngemil? Mau minum susu? Mau main?" Ditebak sampai dia bilang iya.

Dan ketika bilang iya, baru Saya ulangi lagi,

"Coba bilang... Bunda.... Aku mau minum susu."

Dan... paniknya reda.

Begitu juga pada Evelyn.. di pagi hari dia jatuh dari kursi kayu di halaman yang sudah patah. Dia menangis sambil berteriak. Yang pertama saya lakukan adalah menggendong dan memeluknya.

"sakitnya di sebelah mana? Mau diobatin pakai betadine atau minyak herbal? Evelyn tiduran aja dulu yaa... Tidurannya mau di atas atau di bawah?"

Intinya, Saya berusaha untuk hanya mengeluarkan kalimat solutif.

#hari4
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunSayIIP

Hari ke-4: Fokus pada Solusi Bukan Masalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar