Menularkan Hobi Numismatik Ayah Nisrin

Yang namanya hobi, apa..saja pasti "aneh dan gak masuk akal" bagi orang yang tak sehobi. (Kalimat ini bisa dipahami gak? :'P) 

Misalnya, bagi orang yang tidak hobi mancing, menghabiskan seabreg dana untuk memancing adalah sesuatu yang tidak bermanfaat. Bagi orang yang tidak hobi bersepeda, menginvestasikan waktu dan dana untuk bersepeda, juga akan dinilai kurang bermanfaat. 

Setiap orang memiliki hobinya masing-masing. Begitu pula Ayah Nisrin! Sekarang ini ia memiliki hobi numismatik (mengoleksi uang-uang kuno). Aneh memang. Tapi itulah hobi Ayahnya Nisrin. 

Awalnya Saya pikir, hobi Numismatik itu hanya sesaat. Ternyata tidak. Ayah Nisrin sangat serius dengan hobinya itu. Ayah Nisrin tak sekedar mengumpulkan koleksi uang kuno, tapi juga mempelajari numismatik itu sendiri. Berbagai referensi dikumpulkan untuk mengetahui history dari selembar atau sekeping uang. Berkumpul dengan sesama pecinta numismatik di seluruh Indonesia tanpa mengetahui wajahnya. Berbeda dengan facebook, anggota komunitas numismatik ini tidak narsis memajang foto profil masing-masing seperti di facebook atau jejaring sosial lainnya. (Lebih lanjut soal Numismatik Kunjungi blog-nya Ayah Nisrin!)

(Nisrin lagi numpuk-numpuk koin 1 rupiah sama Opa Alan.)

Awalnya Saya bisa mengikuti perkembangan ilmu numismatik. Tapi setelah koleksinya bertambah banyak dan semakin beragam. Saya "taluk" deh! Beragam koin dari berbagai negara, sejarahnya, mengapa begini begitu nya.... @.@. 

Jadi sekarang, Saya jadi pendengar setia saja. Sesekali Saya dan Nisrin membantu Ayah membersihkan koleksi koin, atau menyusunnya ke dalam album. Sekarang Nisrin sudah terbiasa "main koin" dengan Ayahnya. Hm..mungkin saja nanti Nisrin tertular hobi numismatik Ayahnya. 

Bahkan kini, Nisrin memiliki kalung perak yang liontin nya terbuat dari koin Wilhelmina Long Hair 1 Gulden Tahun 1892 (usianya sdh 119 tahun). Kaitan liontinnya sendiri terbuat dari 1/10 Gulden. Unik kan?!

(Kalung Wilhelmina Nisrin)

Apapun hobinya, tetap memerlukan ilmunya. Dan bila sudah menguasai ilmunya, hobi itu akan semakin unik dan bermanfaat, bahkan menambah penghasilan. :'D

Ngomong-ngomong..hobi Saya sekarang apa ya?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar