Tangga Komunikasi Produktif

Minggu ini adalah periode tantangan 10 hari Level 1 Komunikasi Produktif di Kelas Bunda Sayang Batch #3. Sambil mendampingi para Fasil Batch #3, Saya juga wajib mengulang materi Komunikasi Produktif. 

Hmm.. Tapi gimana caranya ya? Mengulang dengan cara yang sama biasanya tidak akan efektif. Ditambah, poin komunikasi produktif yang harus saya latih, masih banyak! Yang paling utama sebenarnya pengendalian emosi. Sampai sekarang, emosi saya masih meledak-ledak. Bisa ingat ketika ada reminder. Reminder paling manjur adalah sindiran Nisrin, "Bunda... Katanya lagi belajar di IIP...". Hehehehe... 

Tapi ya masa nunggu disindir dulu baru sadar. Jadi, sepertinya poin-poin komunikasi produktifnya harus bisa saya baca sesering mungkin, supaya terus diingatkan. 

Aha! Tangga di rumah kan sering sekali dilalui, dan banyak space yang bisa dimanfaatkan. Maka saya memberanikan diri untuk menggoreskan tulisan di tembok anak tangga rumah. 

Awalnya berniat untuk di-draft dulu, pakai pensil, pakai penggaris. Tapi kemudian saya berubah pikiran. Argggh... Rasanya tak cukup sabar kalau harus nge-draft lalu menebalkannya lagi. Berasa kerja dua kali. 

Bismillah.. langsung aja deh temboknya saya tulis. Awalnya mau menggunakan cat dan kuas, pas uji coba... Eaaaa... Bleberaaaan... Hahahaha... Orang gak pernah latihan Hand lettering ya udah pasti guaggal tottaal...

Tapi tenang, saya tak kehabisan ide. Akhirnya saya pakai marker putih yang biasa dipakai untuk ornamen di oilpastel drawing. Dan... Berhasil! Maksudnya berhasil adalah, saya dengan mudah menuliskan poin-poin komunikasi produktif di setiap tembok anak tangga. 
Ditambah sedikit curly doodle sebagai hiasan.

Bagus gak hasilnya? Kata Nisrin sih unyu unyu... Kalau kata doodle artist mungkin bikin gatel. 😂

Curly Doodle baru di beberapa anak tangga
Zoom zoom... Tulisannya biasa aja kok.
Belum dikasih doodle
Manfaat lainnya, Anak-anak juga ikut-ikutan praktek komunikasi produktif.

"Evelyn.. Baca nih.. Katakan yang diinginkan. Jadi kita bilang yang kita pengen, bukan marah-marah sambil bilang gak mau gak mau. Bilang aja, yang dipengennya apa. Sambil.... Intonasi dan suaranya yang ramah."

Hihihihi... Good girls!

Alhamdulillah, tantangan hari ini bisa diselesaikan dengan cara yang kreatif. ;)

#ThinkCreative
#HariKe1
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar