Menelisik Visual Design

Sejak beberapa hari lalu, Nisrin dan teman-teman #GankPerpus belajar membuat design poster dan aneka printable di canva. Sebelumnya mereka request untuk diajari photoshop atau corelDraw. Tapi setelah melewati proses belajar aneka aplikasi. Sepertinya mereka lebih baik belajar menggunakan canva saja. 

Sementara anak-anak asyik dengan canva, Saya asyik sendiri mengecat mushalla dengan warna broken white dan ruang kerja dengan warna deep blue. 

Kenapa saya memilih warna-warna itu? Apakah ada faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan saya dalam memilih warna?

Hari ini, Saya juga bolak-balik membaca ebook CoC Ibu Profesional. Dikarenakan hari ini ada jadwal share ebook ke Kelas Bunda Sayang. Dan.. Setelah mendapat feedback dari tersebarnya ebook CoC ini.. Saya jadi berpikir tentang cara membumikan CoC. Bagaimana agar CoC ini bisa dihayati dan diaplikasikan. Saya juga mendapat berbagai laporan tentang sinyal-sinyal pelanggaran CoC di berbagai pihak. Seketika itu juga sinyal tantangan menyala. 

Saya membuka kembali FAQ CoC, membaca lagi ebook, menjawab aneka pertanyaan.. Kemudian tiba-tiba muncul ide untuk membuat gambar sederhana. Awalnya ingin menggunakan photoshop, tapi laptopnya masih dipakai oleh Nisrin. Kemudian saya coba pakai aplikasi desygner di HP. Dan saya juga teringat mengenai pesan Ibu Septi mengenai bagaimana Kelas Fasilitator seharusnya. Lalu muncullah gambar ini di benak saya. Dan langsung terpikir, bagaiman respon teman-teman Fasilitator.


Saya mencoba membaca point of view dan kecenderungan rekan-rekan fasil melalui gambar tersebut. Responnya seru. Dan membuat Saya semakin ingin belajar untuk merencanakan diskusi dengan gaya seperti itu. Tidak menyuapi, tapi memantik dan memancing peserta untuk berpikir dan menuangkan gagasan. 

Setelah itu.. Saya mengajak teman-teman mengenal korelasi elemen visual dengan ketertarikan seseorang. Apakah elemen visual memiliki makna yang mendalam? Apakah ada ilmu untuk mengarahkan seseorang pada tujuan tertentu melalui elemen visual. Ya.. Semua itu ada ilmunya dan berawal dari elemen-elemen design.


Setelah teman-teman terpancing untuk menelisik elemen design, kemudian saya tampilkan cover ebook CoC yang dibuat oleh Ibu Septi.


Kenapa berwarna coral orange? Kenapa menggunakan gambar kamera sebagai elemen design? Kenapa menggunakan warna-warna netral untuk elemen-elemen tulisan? Kenapa menggunakan font seperti itu? Kenapa letak tulisannya seperti itu? Apakah itu atas dasar ketidaksengajaan? Atau apa ada dasar filososfisnya?

Tentu saja semua ada alasannya. Sungguh menarik bisa mengajak teman-teman untuk sedikit mengulik visual design gambar yang saya buat dan gambar cover ebook CoC Ibu Profesional. 

#ThinkCreative
#KomunikasiProduktif
#KuliahBundaSayang
#JurnalFasilitator
#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar