Menghadapi Perubahan

Selama hidup ini, apa sih yang gak berubah? Pasti semua berubah, karena hakikatnya tak ada yang kekal. Hanya Allah saja yang kekal. Kalau flashback ke tahun 2015. Subhanallah... banyak sekali yang sudah berubah. Ada yang bikin seneng, sedih, marah dan juga kecewa. Tapi... perlukah emosi kita terkuras ketika ada perubahan yang terjadi dalam hidup kita?

Menu FC sebelum Pasar Induk Pindah
Di Cianjur ini, sudah puluhan tahun terdapat Pasar Induk yang dekat sekali dengan pusat pemerintahan. Otomatis, pusat kota jadi tempat yang sangat ramai dengan pedagang kaki lima dan... sampah. Enaknya... sebagai orang yang tinggal di pusat kota cianjur ini, mau beli kebutuhan apapun deket. Tinggal jalan kaki, segala ada. Sekarang, sejak awal Januari 2016, pasar induk dan pasar lain di sekitarnya dipindah ke lokasi lain yang cukup jauh dari pusat pemerintahan. Hasilnya? Tak ada pasar, sampah organik menggunung, pedagang kaki lima dan... wisata kuliner.

Menghadapi perubahan itu, kabarnya... para pedagang pasar induk cukup puas, karena ternyata lokasi pasar yang dipindah justru membawa banyak konsumen yang lebih luas. Tapi banyak juga yang merasakan "tidak enak" nya. Seperti warung nasi yang berjualan dekat rumah. Pemilik warung sekarang ini jadi agak susah mendapatkan bahan-bahan makanan. Mau belanja ke pasar induk tiap hari, terlalu jauh. Alhasil dia berbelanja di pasar lain yang notabene nya kurang lengkap dan harganya lebih tinggi. Ujung-ujungnya... harga masakan yang ia jual dinaikkan, porsinya dikurangi. Dan katanya... itu mempengaruhi omset hariannya.

Saya juga mengalami hal yang sama dengan pemilik warung nasi itu. Tapi yaa... disyukuri saja. Kalau sekiranya dulu bisa makan beraneka lalab sunda yang segar itu, sekarang biasakan dengan lalab standar. Hihihi.... Maksudnya lalab standar itu wortel, labu, selada, timun, tomat. Itu bisa saya dapatkan di warung yang saya temukan secara tak sengaja. Kalau dulu hanya asal regrow sayuran, maka sekarang harus tanam sayuran sendiri. Kalau dulu tidak rajin mengecek diskon di supermarket, sekarang jadi sangat mempertimbangkan event promk. Wkwkwkw....

Dan... sebetulnya, kalau mau take action, pindahnya lokasi pasar induk, justru membawa banyak peluang usaha lho... Tapi ya balik lagi. Ketika perubahan itu ada, apakah kita bisa menangkap peluang dan kemungkinan terbaik yang menjadi solusi? Harus siap yaa.... ^.^
Yang saya simpulkan, ketika ada perubahan, kita harus selalu openminded. Kita tak boleh diam, tapi harus mencari dan mencoba segala alternatif yang ada dengan segala pertimbangan.

#ODOPfor99days #day2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar