Review Workshop Senam Ceria Anak Indonesia

Rabu, 13 Januari 2016, PD IGRA Cianjur mengadakan Workshop Senam Ceria Anak Indonesia. 



Senam ini adalah hasil karyanya Mas Bambang Kelik. Dan... di workshop kali ini... Mas Bambang Kelik sendiri yang jadi trainernya.


Biasanya nih... kalau senam tuh.. instrukturnya langsung ngasih contoh gerakannya. Kalau Mas Kelik (Panggilan Akrabnya katanya seperti itu) ngajarinnya step by step. Karena workshop ini kan semacam training of trainer ya... Jadi supaya kita bisa ngajarin senamnya ke anak-anak TK.

Langkah-langkah melatih Senam Ceria Anak Indonesia adalah sebagai berikut:
1. Senam Otak
Sebelum masuk ke Senam Kesehatan Jasmani, baiknya otak dibangunkan dulu, supaya bisa konsentrasi. Kita dilatih untuk secara spontan menggerakkan tubuh bagian kanan dan kiri dengan beragam gerakan dan variasi.
Point untuk anak TK: Kanan dan Kiri harus paham betul. Hihihi... anak kelompok B masih pada suka ketuker nih...


2. Mengenal tempo dan hitungan dalam lagu.
Baik itu senam atau tarian, sangat umum kalau hitungannya adalah 8 hitungan. Jadi... biasakan anak untuk menghitung 1-8 ketika mendengar lagu yang akan digunakan untuk senam atau tarian.


3. Melatih gerakan senam secara bertahap.
Mulai latih gerakan dari gerakan jalan di tempat, gerakan peralihan, hingga gerakan-gerakan lainnya. Jika gerakannya menggunakan kombinasi tangan dan kaki, maka ajatkan gerakan tangannya dulu, lalu gerakan kakinya. Setelah itu baru digabungkan.


4. Repetisi
Ajarkan 1 gerakan, tambah 1 gerakan, ulang dari awal. Tambah 1 gerakan lagi, lalu ulang dari awal. Maka repetisi dari masing-masing gerakan akan menguatkan keterampilan dan memori anak tentang gerakan senam.


5. Sampaikan fungsi dan filosofi dari masing-masing gerakan.
Jika anak tahu manfaat dari masing-masing gerakan, Insyaa Allah gerakan itu akan bermakna baginya. Dan anak akan sungguh-sungguh melakukannya.


6. Ajarkan pola lantai dengan permainan
Mas kelik membuka wawasan saya soal pola lantai. Yang awalnya berpkkir kalau pola lantai itu ribet... susah dan berasa gak mungkin menerapkannya pada anak, kini jadi mungkin. Tapi... tetap penuh tantangan pastinya.


7. Fun
Jangan dibawa serius, dibawa seru aja... Menikmati setiap proses dengan hati suka cita. Enjoy....

Yup... itu kira-kira yang bisa saya simpulkan... nanti kalau anak-anak sudah hafal senamnya, Saya upload di youtube... ;)

#ODOPfor99days #day7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar