5 Kegiatan untuk Anak di Ruang Terbuka

Nisrin, Evelyn dan Kirei termasuk anak yang biasa main di taman atau ruang terbuka. Jadi kalau sampai 2 hari gak main ke taman, suka kelihatan emosinya mulai meledak-ledak.

Waktu Nisrin bayi, seringnya main di Partere UPI. Waktu Evelyn Sama anak-anak serunya ngapain yaa... kalau lagi main di alam terbuka?


Banyak banget lho yang bisa kita lakukan bersama anak-anak.  ;), seringnya main di Taman Ganesha Salman ITB, giliran Kirei... mainnya di Taman Masjid Agung Cianjur. Alhamdulillah... family time nya gak ribet. :D

Nah... kalau lagi main sama anak-anak di ruang terbuka enaknya ngapain yaa?Banyak banget lho yang bisa kita lakukan bersama anak-anak.  ;)
Berikut ini ide kegiatan untuk anak di ruang terbuka:

1. Observasi Alam/Lingkungan
Kalau datang ke tempat yang baru, otomatis anak-anak pasti tertarik untuk diajak observasi. Mencari kupu-kupu, serangga, aneka macam tumbuhan, atau biji-bijian yang jatuh dari pohon.


2. Kucing-kucingan dan Petak Umpet
Kirei yang belum genap 2 tahun saja sangat suka dengan permainan ini. Anak-anak perlu kegiatan fisik untuk menyalurkan energinya luar biasa besar. Kegitan ini juga bisa melatih ketangkasan, dan kecepatan berpikir lho..


3. Tea Party atau Piknik
Sudah lihat hamparan rumput tapi tidak minum teh atau piknik? Dijamin... anak-anak selalu antusias untuk pergi ke taman untuk minum teh atau piknik. Biasakan anak untuk menikmati suasana kebersamaan yang sederhana namun bermakna. Tea Party atau Piknik adalah pilihan yang tepat. 
Biasanya Kami membawa alas duduk waterproof, cemilan, teh manis lengkap dengan cangkir-cangkir cantik. Anak-anak suka... sekali. Jadi mereka bisa merasakan pengalaman yang nyata seperti thumbelina dan tokoh animasi lain yang sering mengadakan tea party atau piknik. ;)


4. Wind Play
Waktu di cimahi, Ayah Nisrin sangat suka menerbangkan helicopter remote control nya di Taman. Seru! Kalau pun tidak ada mainan helikopter, bisa kok... main angin dengan cara lain: pesawat kertas, baling-baling, kincir angin, layang-layang, atau sekedar tiduran sambil merasakan hembusan angin. Hmmm..... maka nikmat-Nya yang manakah yang kan kau dustakan?


5. Nature Crafts
Kumpulkan ranting, daun, bunga kering, batu atau apapun yang bisa ditemukan di taman, lalu berkreasilah. Bisa dijadikan boneka sederhana atau alat permainan.
Ranting bisa untuk dibuat boneka, main gatrik, atau lempar tangkap.
Daun kering bisa dijadikan sebagaj kepala boneka ranting. Bisa juga lho... buat dijadikan media belajar berhitung. Atau bisa juga untuk membuat stempel aneka bentuk daun.
Pokoknya... segala yang kita temukan di ruang terbuka atau alam, Insyaa Allah bisa dimanfaatkan jika kita mau mencoba dan berpikir kreatif.


Nah.... sekarang sudah tidak bingung lagi kan... mau ngapain kalau main ke ruang terbuka atau taman?

#ODOPfor99days #day3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar