Mengawali "Sekresi Endorphin"

Memasuki usia kehamilan 32 minggu, perasaan Saya semakin campur aduk. Senang, bahagia, cemas, bercampur aduk. Rasanya hampir sama ketika akan melahirkan Nisrin. Aneh, padahal Saya pernah mengalami proses persalinan dan menjadi Ibu Baru. Seharusnya, Saya lebih siap dan stabil untuk kelahiran anak yang selanjutnya ini. 

Mungkin karena ada sedikit perasaan traumatik. Mengingat proses persalinan yang cukup panjang. >.<
Saya tahu, teorinya Kita harus berusaha mengendalikan perasaan dan pikiran-pikiran yang negatif itu. Selalu berperasaan dan berpikiran positif, adalah kuncinya. Tapi memang tak semudah membalikkan telapak tangan kan?
Ketika Nisrin dalam kandungan, justru saya tak terlalu pusing memikirkan, perlengkapan bayi, baju bayi, perawatan bayi, bagaimana rasanya melahirkan. Tapi kali ini, kok jadi tambah ribet ya? Banyak sekali hal yang Saya pikirkan (Red: khawatirkan). 

Sekarang, Saya berusaha untuk mempraktekkan anjuran dari Dr. Shigeo Haruyama, yang ada dalam bukunya yang berjudul "The Miracle of Endorphin". Saya juga sedang mempelajari teknik hypnobirthing. Do'akan ya..agar Saya semakin mampu mengendalikan emosi dan pikiran, terutama menjelang persalinan nanti.

Tapi ngomong-ngomong, setelah saya baca buku "The Miracle of Endorphin", Saya jadi semakin rindu beraikido. X'D
Tahu kenapa? Karena ternyata, bentuk latihan aikido itu sama (Red: banyak yang serupa) dengan praktek dalam buku tersebut. Praktek untuk mengaktifkan hormon endorphin! 

Hm...jadi pengen upload gambar-gambarnya. Tapi maaf..setelah berulang kali coba upload foto, gambarnya kok jungkar-jungkir sendiri ya? Jadi harap sabar ya...kalo mau lihat gambar-gambarnya. Atau..kalo gak sabar, beli bukunya sendiri ya.. hehehehe....

Singkatnya, untuk memicu sekresi hormon kebahagiaan (endorphin) ini Kita dapat melakukan:

  1. Mengontrol Asupan Gizi; Makanan terbaik untuk memicu hormon kebahagiaan adalah kedelai yg telah difermentasikan. Misal: Tempe, Natto, Tahu.
  2. Melakukan olahraga yang tepat.
  3. Melakukan pemijatan tsubo pada wajah, tiga kali sehari.
  4. Melakukan Meditasi untuk mengaktifkan otak kanan.
  5. Bernapas dalam-dalam untuk pembebasan hormon-hormon kebahagiaan.


Nah..masing-masing poin tersebut Insya Allah akan Saya bahas di posting-an selanjutnya. :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar