4 Keterampilan Dasar Orang Tua

Topik ini saya dapatkan dari Obrolan Dapur Ibu Episode 63, 3 tahun lalu. Link Youtube di sini Dan saya rasa ini masih perlu saya ingat dan latih terus. 





Sebagai orang tua, pasti kita banyak mencari tau pola atau metode parenting apa yang cocok dan tepat. Berasa banyak banget ya yang harus dilakukan.. Dan kalau dituliskan jadi to do list... niscaya jadi overthinking 😅😆

Tapi ada satu Don'ts yang perlu dipegang: Menitipkan anak pada kakek nenek. Konteksnya menjadikan kakek nenek sebagai pengasuh sehari-hari ya.. Jika sesekali anak-anak liburan bersama Kakek Neneknya, itu boleh banget. Tentu saya memahami, ada kondisi keluarga yang tidak bisa menemukan support system lain selain kakek nenek. Semoga kelak bisa menemukan support system lain ya..

Kenapa gak boleh dititipkan pada kakek nenek? Karena orang tua kita sudah pernah lelah mengasuh kita. Jadi ya jangan lah dibebani dengan mengasuh cucu di masa tuanya. 

Kakek Nenek biasanya juga lebih permisif menghadapi cucunya. Sikap orang tua pada kita bisa jadi super galak. Tapi pada cucu.. biasanya bagaikan ibu peri pengabul segala keinginan. 😆 

Kakek nenek memiliki Frame of Refference dan Experience parenting di masa kecilnya dan masa kecil kita. Sementara anak kita perlu siap hidup di zamannya, jadi... ya kita ambil peran dan persiapkan diri untuk mendidik anak kita, karena peran orang tua terus mengalami transformasi.

Zaman orang tua kita, Orang Tua seperti guru.
Zaman kita, Orang Tua seperti Fasilitator. Menganggap dan memperlakukan anak sebagai orang dewasa. Sudut pandangnya berdasarkan fakta, fokus pada problem solving.
Zaman Millenial, anak adalah Teman Tumbuh dan berkembang. 
Zaman Gen Alpha.. seperti apakah? 😃 Yang pasti tidak mundur lagi ya... jadi kita bisa mulai dari orang tua sebagai teman tumbuh dan berkembang.

Caranya bagaimana? Kita tanyakan pada anak, anak menyukai teman seperti apa.. Atau kita amati, siapa yang ia jadikan teman favorit. 

Setelah itu.. kita latih 4 keterampilan berikut:
  1. Mengelola Mental Stage
  2. Komunikasi Sebaya
  3. Update Informasi dan Wawasan
  4. Cara mengapresiasi
Mengenai penjelasan detail cek sendiri di Youtube ya.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar