DIY Toys Topeng Berubah Bentuk

Di Kuliah Bunda Produktif Institut Ibu Profesional, saya punya project #LadangMain bersama tetangga satu co house. Goal pertama kami adalah menghasilkan ragam ide main. Nah dari project itu. Anak-anak jadi antusias juga bikin mainan sendiri. 

Kali ini Nisrin yang antusias bikin mainan.. Yaitu Topeng Berubah Bentuk. Topeng ini bisa dibuat dari tas kertas/paper bag bekas. Tapi.. karena kami tidak punya paper bag, jadi kami buat paper bag dulu dari kertas Kraft plano. 


Prinsipnya, kita membuat topeng dari paper bag dengan 3 ukuran. Kecil, sedang dan besar. Tujuannya supaya bisa dipakai sekaligus oleh satu orang. Karakter topeng, bisa apa aja. Kali ini anak-anak memilih karakter Gajah, Gurita dan Robot. 

1. Siapkan paper bag 3 ukuran.


2. Lubangi untuk bagian mata. Biar gampang, paper bag nya dipakai, lalu minta anak menunjuk bagian area mata. Kita tandai, lalu lubangi.


3. Siapkan hiasan sesuai karakter yang diinginkan.

(Hiasan Karakter Gajah)

(Hiasan Karakter Gurita)

(Hiasan Karakter Robot)

4. Pasang hiasan masing-masing karakter ke paper bag yang sudah disiapkan. Untuk bagian yang menonjol seperti hidung gurita, telinga gajah dan belalai, dibuat agar bisa dilipat dan masuk ke dalam kantong kertas yang lebih besar. 

(Hidung gajah dibuat agar bisa terlipat seperti akordion. Dan diberi benang, agar belalai jatuhnya tetap berbentuk lipatan-lipatan.

(Telinga gajah dibuat dari lipatan bentuk kipas, dan diberi kardus tebal sebagai pemberat. Agar jatuhnya bagus. 

(Hasilnya seperti ini)

5. Setelah semua paper bag dihias, pakai topeng mulai dari ukuran terkecil hingga terbesar.

(Evelyn memakai 3 topeng sekaligus, Gajah, Gurita, dan Robot)

6. Topeng siap dimainkan dan bisa berubah wujud kapanpun anak mau.

(Contohnya perubahannya seperti ini)

(Ini cara pemasangan dan melepasnya)

Selamat seru-seruan dengan topeng lucu... 😁😄




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar