DIY Toys Binatang Bersalto

Saya sudah jarang nemenin Krucil bikin mainan sendiri. Seringnya mereka tiba-tiba lapor udah bikin mainan atau kerajinan tangan. 😁✌ Yak.. Alhamdulillah yaaa anaknya mandiri. 😗



Evelyn paling suka membuat mainan dari kertas. Karena paling gampang dapetin bahan, alat dan ngerjain prosesnya. Kertasnya gak mesti kertas khusus, dia sering pakai kertas-kardus bekas. Seadanya dan yang memang dibolehkan. Ada yang gak boleh? Ada! Misalnya kertas lucuk yang memang perlu lebih bijaksana dalam menggunakannya. Karena lebih mahal dan langka 🤭🤣


Nah.. kali ini Evelyn membuat Binatang Bersalto, dari kertas HVS, Kardus dan Kokoru. Peralatan yang diperlukan hanya pulpen/pensil, gunting, lem dan staples. Ya.. boleh tambahan lain buat hiasan, kalau mau... 


Sebenarnya ini adalah DIY Toys yang kami dapat dari buku kreasi amplop. Jadi langkah awalnya adalah membuat pola seperti amplop dulu.



1. Kertas HVS dipotong ukuran 20 × 21 cm. Untuk dibuat pola seperti amplo dengan lebar 9 cm.




2. Rekatkan dengan lem supaya membentuk kantung amplop. Bagian bawahnya juga dilipat seperti kalau mau membuat amplop ya..




3. Kita buat gambar wajah binatang, kali ini saya mencontohkan rubah lucu yaaa.. 




4. Gambar bagian tangan (kaki) di bagian belakangnya



5. Kemudian gunting mengikuti garis bentuk wajah dan tangan yang telah digambar.



6. Warnai sesuka hati (karena saya pakai kertas HVS, kalau kertasnya berwarna cukup dihias/digambar saja)



7. Buat bagian kaki. Sekitar 9.5 × 9.5 cm (lupa 😁✌) menggunakan sisa kertas HVS, dengan cara dilipat-lipat hingga pas. Kemudian ditempelkan ke kertas kokoru/kardus yang ukurannya sama. Jadi, bagian kaki ini harus tebal atau lebih berat dari bagian badan+kepala ya..



8. Kembali ke bagian badan, lipat bagian bawahnya seperti ketika membuat amplop.


9. Pasang bagian badan ke bagian kaki, menggunakan staples besar (hasil percobaan, staples besar jadi lebih bagus saat dimainkan, kalau gak ada yaa pokoknya distaples yaaa)


Selesai deh... tinggal dimainkan.. 😃🤩



Bisa bikin aneka karakter juga yaaa.. Yang kami buat, karakter rubah, kucing dan kodok. Kuncinya adalah gambarnya yang simetris.

Selamat mencoba! Leave comment please.. supaya kani bisa mengenal pembaca rumahnisrin lebih dekat. 😉♥️

















2 komentar:

  1. Keren mba...pengen dieksekusi bareng juga ahh...terima kasih 😍😍

    BalasHapus
  2. Asyik.. nanti share hasilnya ya mba..

    BalasHapus