DIY Augmented Reality Dengan Aurasma

Beberapa tahun yang lalu, saya terkagum-kagum melihat kartu yang bisa hidup! Maksudnya?
Iya, ada kartu bergambar binatang, yang ketika diamati menggunakan kamera smartphone, muncul objek binatang dalam bentuk 3D.
Uniknya, bila fokus kamera diubah, maka sudut pandang atau posisi objeknya pun berubah. Kok bisa? 😆

Saat itu tidak terpikir untuk beli. Tidak lain karena saat itu smartphone nya belum mumpuni, dan kartunya juga gak bisa dibeli dengan uang receh. Hahaha...

Ternyata, teknologi seperti itu namanya adalah augmented reality.
Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR(augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensidan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.[1] Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekadar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Seiring berkembangnya teknologi, AR semakin dikenal. Kemudian AR diterapkan di berbagai bidang. Game, Edukasi, marketing bisa menerapkan AR.

Bahkan, ada perusahaan kue dalam kemasan yang memberikan hadiah pin AR. Wih.. Teknologi akan terus mengelilingi kehidupan kita.

Sampai sekarang, saya belum punya kartu-kartu edukasi yang menggunakan teknologi AR. Semoga nanti bisa coba atau punya secara gratis.

Di saat saya explore feedly, saya menemukan icon aplikasi yang bernama aurasma. Tin tong.. Apa itu aurasma? Baca aura dari foto orang kah? Hahaha... Bakat kepo nya muncul..

Ternyata Aurasma adalah aplikasi yang memudahkan siapa saja untuk menghadirkan AR dalam kehidupan sehari-hari. Aurasma ini berkolaborasi dengan HP untuk pengembangan program dan aplikasinya.

Mendengar janji, "siapa saja bisa", saya langsung pasang aplikasinya dong.. 😉

Dan ternyata... Sesuai janjinya.. Saya aja bisa! Saya coba membuat tulisan sederhana, kemudian dengan bantuan aurasma, saya tambahkan AR. Dan saya terkejut, karena semudah itu saya bisa menggunakan teknologi AR. Dan bisa dipakai untuk belajar anak-anak!


Evelyn yang gaya belajarnya visual sangat suka dengan aplikasi ini. Dia terkagum-kagum melihat tulisan bundanya bisa menampilkan objek tertentu.

Teman-teman pasti penasaran ya? Caranya gampang banget dan gak sampai 5 menit lho..

  • Login ke Aurasma
  • Pasang Aplikasi Aurasma di smartphone (Link Aplikasi ada di email verifikasi)

  • Siapkan Kartu Dengan tulisan yang kita mau. Warna dan Tulisan harus jelas dan kontras. Setelah cari beberapa tutorial, ternyata pola seperti di bawah ini, adalah yang paling sensitif terdeteksi untuk AR. Kenapa? Saya juga belum paham.. Hihihi.. Pokoknya itu efektif. 

  • Pilih overlay (efek AR yang akan ditampilkan). Nah, minus nya aplikasi ini adalah, banyak hasil kreasi dan AR yang tidak layak dilihat anak. Jadi sebaiknya kita set up dulu Kartu dan AR nya, lalu anak tinggal menggunakan aplikasi untuk memindai bukan membuat AR sendiri. 
  • Setelah itu, pindai gambar yang akan dipasangkan dengan overlay yang dipilih. Pindai sampai indikator menunjukkan warna hijau. Lalu simpan.
  • Atur kembali posisi overlay.. Lalu simpan. 
  • Setelah tersimpan, buka kembali aplikasi aurasma, pindai gambar menggunakan kamera smartphone... Dan, kalian akan lihat.. It comes Alive and more interactive. 😍


Saya jadi terpikir untuk membuat flash card abacabaca menggunakan aplikasi ini. Yuk ahh... Gunakan multimedia untuk kegiatan belajar dan bermain bersama anak.

Tidak ada metode dan media yang sempurna. Tapi semaksimal mungkin kita bersamai anak-anak agar merasakan pengalaman menggunakan gadget yang bermakna dan hangat bersama kita.

#keluargamultimedia
#bundasayang
#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar