Menelusuri Jejak Uang Donasi Alfamart

Sudah bertahun-tahun, kerap mendengar adanya pemberitaan kurang sedap mengenai penyaluran uang donasi konsumen Alfamart. Uang donasi? Iya, biasanya ketika ada kembalian receh, kasir Alfamart akan menanyakan, apakah uangnya akan disumbangkan? Dan... karena tidak tahu akan dikemanakan uang donasi itu, maka sebagian masyarakat akan menolak. Mereka, dan Saya sendiri biasanya memilih untuk mengambil uang kembalian receh tersebut. Yaa.. karena anak-anak punya celengan, jadi berpikir,  daripada gak jelas, mending masuk ke celengan anak-anak saja. 

Kurangnya informasi mengenai penyaluran donasi atau mungkin kurangnya usaha masyarakat untuk tabayyun, menjadikan isu uang donasi menyebar luas. Tidak perlu menyalahkan siapa-siapa. Tapi yang jelas, di hari Kamis, 30 Maret 2017, Blogger Cianjur diundang untuk menghadiri peresmian bangunan PAUD TK Anugerah di Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur.



Lho.. lalu apa hubungannya dengan donasi konsumen Alfamart? 

Jadi... Alfamart atau PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk tidak mengelola dana donasi uang kembalian ini sendiri. Jadi mereka mengumpulkan uang donasi, kemudian mengamanahkan dana tersebut pada pihak atau Yayasan yang terpercaya. Pihak yang pernah bekerja sama dengan Alfamart dalam mengelola dana tersebut, diantaranya: Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Yayasan Berani Bhakti Bangsa (YBBB), Habitat for Humanity (HFH) Indonesia, UNICEF, Yayasan Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (Sumber: Merdeka) dan Yayasan Happy Heart Fund Indonesia (HHFI). 

Kali ini, Alfamart bekerja sama dengan Happy Heart Fund Indonesia (HHFI) untuk menyalurkan donasi dari konsumen alfamart. HHFI didirikan pada tahun 2015 bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu dengan cara mendirikan atau merenovasi sekolah agar anak-anak mendapatkan semangat dan harapan baru melalui pendidikan yang lebih baik. 

Donasi konsumen Alfamart yang digunakan untuk merenovasi PAUD TK Anugerah Cianjur adalah donasi yang terkumpul pada periode 1-30 September 2014 dan 1-31 Agustus 2015. HHFI menyeleksi secara ketat, sekolah mana yang berhak menerima donasi. Berbagai macam kriteria, seleksi dan survei dilakukan untuk memastikan agar donasi diterima oleh pihak yang benar-benar membutuhkan. PAUD TK Anugerah sendiri memerlukan waktu 6 bulan sejak pengajuan permohonan bantuan sampai akhirnya terpilih menjadi penerima donasi. 

Renovasi PAUD TK Anugerah ini mencakup seluruh bagian sekolah. Mulai dari bangunan, penataan halaman, arena bermain, alat peraga, peralatan dan perlengkapan kegiatan belajar dan mengajar sampai fasilitas kamar mandi dan wastafel anak-anak.






Alhamdulillah, kini anak-anak usia dini di Desa Cibiuk mendapat kesempatan belajar yang lebih baik dengan adanya program Renovasi Sekolah dari Alfamart dan HHFI. 

Pada saat peresmian, para blogger dapat melihat bangunan sekolah baru dan fasilitas yang lengkap. Bukan hanya itu, berinteraksi langsung dengan pihak HHFI, Alfamart, Pengelola Sekolah dan Anak-anak membuat kebahagiaan itu semakin terasa. 

Pada acara peresmian kemarin, Alfamart tidak hanya menghadirkan acara seremonial, namun menghadirkan pula pertunjukkan dongeng sebagai media edukasi untuk anak. Anak-anak sangat antusias menyaksikan pertunjukan dongengnya, terlebih lagi sang pendongeng menggunakan wayang golek sebagai alat peraga.



Di akhir acara, Alfamart juga membagikan bingkisan berisi tas, perlengkapan makan dan makanan sehat. Wah... mereka pasti semakin semangat untuk berangkat ke sekolah untuk bermain dan belajar bersama. ^.^

Senang bisa mengetahui bahwa donasi para konsumen bisa benar-benar bermanfaat. Mudah-mudahan ke depannya Alfamart bisa lebih komunikatif dalam menyampaikan tujuan donasi konsumen Alfamart. Misalnya, ketika di kasir, ada poster yang menginformasikan kemana donasi bulan itu akan disalurkan. Jadi dengan jelasnya akad pemberian donasi, konsumen bisa merasa nyaman dan percaya untuk mendonasikan uang kembaliannya.

Donasi perorangannya memang kecil, tapi ternyata jika dikumpulkan dapat memberikan senyuman, harapan dan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

2 komentar:

  1. Kalau sudah jelas kita jadi gak ragu kan ya menyisihkan rupiah kembali an buat donasi.
    Harusnya kasir juga dengan sabar menjelaskan, donasi buat apa dan periode kapan. Kaya sekarang 1-31 April kan periode donasi buat sepatu anak2 yg membutuhkan. Brosur ada di kasir tapi kecil... Kalau kasir rajin kan tinggal tunjuk ini loh donasi buat ini... Konsumen jadi ngerti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh... Kmrn juga lihat di monitor alfa. Ada program donasi sepatu. Tapi kadang muncul kadang enggak. Kalau brosur, di alfa deket rumah gak ada..

      Hapus