Nice Homework Matrikulasi Ibu Profesional Sesi 4

NICE HOMEWORK #4

BELAJAR MENJADI MANAJER KELUARGA YANG BAIK

Benar kalau Saya sering merasa letih dengan rutinitas. Sehingga merasa tidak punya cukup waktu untuk menyelami diri sendiri. Mungkin bagi sebagian orang, proses menyelami diri sendiri itu tampak mengada-ada. Tapi bagi Saya itu hal yang amat penting, dimana Saya bisa mengevaluasi segala tindakan, perbuatan dan kejadian yang dialami. Proses ini.juga sangat penting untuk me-recharge energi dan menemukan misi spesifik Saya di dunia ini. Kunci awal untuk bisa melakukan proses ini adalah Manajemen Waktu. 



Bagi Saya, 3 Aktivitas terpenting (yang membuat Saya berbinar-binar adalah.. Family Forum, Kegiatan Bersama Komunitas dan Menekuni Passion.
Sementara yang "ternyata" kurang penting adalah Rutinitas Housekeeping, Social Media and Messenger, Administrasi. 

Selama ini, sebagian besar waktu Saya dihabiskan untuk aktivitas kurang penting tersebut. :(

Maka... agar hidup Saya semakin "hidup" dan bermakna, maka Saya harus memperbanyak aktivitas-aktivitas penting. Sehingga misi spesifik Saya bisa tercapai. 

Meskipun demikian, bukan berarti aktivitas yang kurang penting itu ditinggalkan. Tapi.. aktivitas tersebut harus ada batas waktu dan jadwalnya. 

Sejak mendapat tugas NHW#4 ini Saya sudah membuat 2 jadwal. Percobaan 1 hari, rombak lagi, dicoba 3 hari, lalu rombak lagi. Dan... inilah kira-kira jadwal yang sepertinya cocok bagi Saya.


Intinya adalah Rutinitas Housekeeping harus dilakukan di pagi hari, dan selesai tidak selesai harus berhenti sebelum Pukul 07.00. 

Pukul 07.00 s.d 08.00 adalah waktu untuk saya kontemplasi sejenak dan menyiapkan aktivitas dinamis. Ini penting, karena Saya belum bisa menikmati rutinitas housekeeping, sehingga kontemplasi adalah cara Saya untuk mengisi energi dan semangat. Tapi secara teori, jika Saya berhasil melakukannya selama 90 hari berturut-turut, maka Saya akan Happy melakukannya dan sudah menjadi kebiasaan yang "ringan" dilakukan. Semoga..

Pukul 08.00 s.d 17.00 adalah waktu dinamis yang bisa Saya manfaatkan untuk menjalani Aktivitas Penting.

Pukul 17.00 s.d Pukul 19.00 adalah waktu rutinitas. 

Sisanya, Pukul 19.00 s.d 22.00 adalah untuk aktivitas Penting. 

Biasanya Saya bisa begadang untuk mengerjakan administrasi, browsing, blogging, social media dan segala pekerjaan yang menggunakan komputer. Ada yang penting, tapi banyak juga yang kurang penting. :P

Jadi harus lebih fokus dan dibatasi maksimal sampai pukul 22.00. Konsekuensi jika Saya tidur lebih lambat adalah, Saya sulit bangun pukul 03.00 atau kelelahan di waktu dinamis. Jika itu terjadi, maka Saya sendiri yang rugi dan kerepotan pada akhirnya. 

Jadwal ini akan terus dievaluasi. Tentunya disertai dengan ikhtiar Saya mendelegasikan beberapa pekerjaan pada anggota keluarga dan orang yang dapat dipercaya. 

Semoga istiqamah.. :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar