Aktivitas Bersama Bayi 17-18 Bulan

Di tulisan sebelumnya, saya cerita soal tantangan sleep regression pada bayi usia 17-18 bulan, yang memberikan efek jam tidur anak yang berkurang drastis, sulit tidur di malam hari, bahkan baru tidur pada larut malam. Untungnya.. itu adalah hal yang normal. Yang gak normal adalah jiwa raga ibu jika jam tidur anak berantakan. 😅😆

Yak.. bayangin aja ya.. gimana bisa seger bugar kalau di siang hari bayi hanya tidur 1-2 jam. Dan dia baru mau tidur lagi pada tengah malam? Huwaaaa.. yang saya alami, itu bener-bener gak enak yaa... Remek rasanya, emosi udah gak keruan, pengen tidur tapi gak bisa, karena bayinya masih pengen main dan bahkan rewel gak keruan.

Melihat bayi saya yang staminanya poll banget.. membuat saya teringat bahwa ini bukanlah masalah, melainkan tantangan.
Tapi gimana ya.. menghadapi stamina anak yang kaya gini? Berasa mau perang aja tiap harinya. Ahaa tiba-tiba aja tuh terbersit gamification sebagai solusi.

Jadi saya buat misi #mombabyendurancebattle. Kaya gimana sih?

1. Morning Stage

Kebayang kan ekspresi bayi baru bangun tidur di pagi hari? Seger, ceria, siap main, energi maksimal. Gak peduli popoknya perlu diganti atau enggak, pokoknya dia siap main. Pertanyaannya... Ibunya siap nemenin main gak? 😂

Nah supaya mengimbangi antusiasme bayi, ibunya kudu siap tempur.. caranya.. Dress Up ya bu... Beda sama bayi yg gak peduli baju muka kucel, Ibu ibu mah bedaaa.. kudu dress up dulu biar semangat.

Setelah dress up, langsung sarapan yaaa.. yang homemade, supaya jumlah, asupan dan budgetnya bikin happy. Kalaupun mau beli sarapan, ibunya wajib sarapan pembuka dulu. Biar gak oleng gaess... Apalagi kalau masih menyusui. Hhaaa..


Udah beres sarapan, lakukan hal yg sama untuk si bayi. Dress up dan sarapan. Mau bareng juga boleh.. atur-atur aja deh, gimana cocoknya. Nah abis itu.. ajak bayi jalan-jalan pagi. Di lingkungan rumah saya, kalau pagi-pagi, jarang banget ada orang yg keluar rumah. Termasuk anak-anak. Jadi aman banget untuk sekedar jalan pagi keliling komplek, sekalian stretching dan menghabiskan stok tenaga bayi. 🤭😁

Dan tipsnya.. ajak bayi untuk jalan kaki. Jangan digendong atau pakai stroller ya. Gimana kalau bayinya belum bisa jalan? Eh.. kita masih ngomongin fase bayi di usia 17-18 bulan yaaa.. Jadi umumnya, udah bisa jalan dan berlari.

2. Daytime Stage

Setelah sukses melewati morning stage, silahkan atur kegiatan yang bisa bikin bayi sibuk. Bisa ikut masak² sekalian sensory play, atau disiapkan mainan agar sibuk dan capek, sehingga dia bisa tidur di jam 10 s.d 12.

Nah.. kalau bisa, ibunya juga ikut rehat. Karena ini semacam recharge energi. Persiapan untuk tahapan siang s.d malam yang gak berjeda.

Di siang hari ini, tantangannya adalah makan secara berkesadaran atau mindfu lunch. Anak-anak bawaanya selalu mindful saat melakukan kegiatan. Beda sama kita ya bu... kebiasaan Multitasking bikin kita kurang berkesadaran. Nah.. penting banget nih untuk meluangkan waktu dan fokus, agar bisa makan dengan khusyu'. Asyeeek..

Selain sebagai media untuk mengamati perkembangan anak dan memperkuat bonding ibu dan anak. Makan secara berkesadaran juga bagian dari self care, yang diperlukan oleh seorang ibu.

Nah, setelah sesi makan.. ajak anak untuk bermain sensoris atau sensory play. Atau main apa aja yang bayi kita mau. Setelah bayi puas main, kita touch up yaaa... bedakan lagi, pakai lipstick lagi, kerudung atau rambutnya ditata lagi.. Ini semacam apresiasi pada diri kita juga, karena sudah mendampingi anak kita yang luar biasa. Begitu pula dengan bayi, kita ajak untuk berseka dan ganti baju agar merasa fresh.


3. Afternoon Stage

Tahap ini menurutku tahap yang paling menantang. Kenapa? Karena energinya sudah makin menipis, tapi bayi masih setengah ngantuk. Antara menahan ngantuk dengan ingin main terus.

Maka di afternoon stage ini, kita agendakan untuk makan camilan. Siapa sih yang akan menolak camilan? Meski udah mulai ngantuk, kalau disodori camilan, bayi pasti tertarik. Kalau tak tertarik, maka ia pasti akan menanti pastanya. 😄


Setelah makan camilan. Ajak anak untuk melakukan aktivitas  fisik yang seru. Misalnya petak umpet. Senam berirama, bermain bola, hingga bersepeda . Intinya fasilitasi kegiatan yang bisa menyalurkan energi anak ya.. Kalau lagi gabut ata Mager main sama anak.. coba lihat sekeliling rumah, dan cek area atau aktivitas apa yang biasanya kita cegah anak untuk jelajahi. Nah.. apa yang biasa kita larang atau cegah, itu justru yang biasanya bikin anak tertarik. Kalau saya, aktivitas semacam mainin alat pel, cuci piring, bongkar isi rak perabotan dapur adalah semacam aktivitas andalan kalau lagi mager nyiapin kegiatan main.

Jadi kan bisa sekalian gitu yaaa.. stimulasi practical life. Sambil beberes rumah.. yaa.. pasti heboh sih. Tapi daripada gak ada yang dikerjain? Ya mending kerjain sambil main bareng anak aja. 

4. Night Stage


Masuk malam hari, siapkan aktivitas yang kalem ya.. misalnya nonton bareng. 🥴 gak sesuai dengan flyer. Iya.. semacam baca buku ya bun... Kalau udah dibiasakan, anak-anak pasti nagih minta dibacakan buku terus. Bisa juga diajak main lego atau balok. Pokoknya kegiatan yang bikin anak gak terlalu aktif bergerak.

Kalau setelah itu anaknya masih seger, ajakin beresin mainan.. Hhaa.. tampaknya saya sering rekomendasikan kegiatan Practical life ya.. Tapi ini memang penting kok bun.. supaya sama-sama belajar bertanggung jawab merawat rumah. Kalau udah selesai beres-beres.. baru deh ajak bobo yaaa.. 

Berhasil terus gak tiap hari? Enggak! Kadang di pagi siang berhasil.. kadang sorenya yang gagal.. Yak dibawa enjoy aja yaaa.. gimana caranya daily challenge ini jadi battle yang seru. 

Kalau ngerasa cara ini gak cocok, ya terus aja coba cara lain lagi. 😁 

semangat bun.. 🥳👊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar