Reinstall Homeschooling Program [Part 1]

Beberapa bulan ini program belajar Nisrin sedikit kacau. Mungkin sebagian besar disebabkan oleh Saya sendiri. Kenapa? Saya memiliki terlalu banyak bidang yang digarap, tapi tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Alhasil jadwal jadi berantakan, target tidak tercapai, dan yang pasti emosi saya jadi naik turun. Pfffttt.....

Menghadapi Nisrin yang semakin kritis dan penuh energi, ditambah Evelyn yang super ingin tahu tapi sok tahu, benar-benar menguras energi.

Tapi meskipun demikian, Saya masih berkomitmen dengan tidak mensekolahkan Nisrin secara formal. Sebagai gantinya, Saya harus mencari kegiatan untuk Nisrin di luar dengan jadwal yang cukup padat.
Untuk saat ini Kami tidak bisa menggunakan program IXL dan RAZ Kids di Internet. Entah mengapa, soal-soal latihannya blank, tidak muncul..padahal laptop kami sudah support.
Karena program IXL dan RAS Kids nya berhenti, untuk sementara Nisrin unschooling lagi deh...
Maksudnya... Nisrin tidak mengejar target "kurikulum" yang selama ini dibuat.

Beberapa hal yang Nisrin lakukan selama unschooling cukup mencengangkan. Nisrin bisa bikin macam-macam kreasi dari kertas-kertas bekas. Seperti membuat kartu lebaran dari bekas stamp pack, hvs dan spidol. Craft supplies semuanya ada di cianjur, tapi Nisrin tetap semangat berkreasi.

Sekarang ini tampaknya Nisrin mulai bosan dengan unschooling. Dia mulai minta jadwal belajar yang teratur, dengan target setiap harinya. Tapi hambatannya adalah... Saya yang kurang semangat. *Plak!

Makanya..Saya harus menginstal ulang program Homeschooling. Program Homeschooling itu bukan hanya untuk Nisrin, tapi untuk sekeluarga. Kenapa? Karena Homeschooling membutuhkan sinergi yang baik antar anggota keluarga.
Saya harus membagi quality time dengan masing-masing anggota keluarga. Suami, Nisrin, Evelyn, dan diri saya sendiri.
Saya harus mengantisipasi Evelyn yang suka "main rebut" benda yang dipegang Nisrin, Evelyn yang suka mengekor Nisrin, padahal Nisrin enggan.
Saya juga harus mengatur jadwal untuk pacaran dengan suami.
Dan yang pasti..... jadwal untuk diri saya sendiri. ;)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar