DIY Mini Pinata

Benda-benda di sekitar kita, bisa dijadikan kegiatan untuk mengenalkan bangun datar dan bangun ruang. Untuk anak usia 1-3 tahun, bisa dikenalkan dengan aneka macam bangun datar. Misalnya, lingkaran, segitiga, segi empat, layang-layang. Ada lagunya juga lho...

Geometri
(Naik-naik ke Puncak Gunung)

Bangun, bangun geometri
Macam-macam bentuknya
2x

Segitiga, segi empat,
layang-layang, lingkaran
2x

Untuk pengenalannya, kita bisa membuat contoh aneka bidang datar. Kemudian menunjukkan objek nyata yang biasa dilihat anak sehari-hari. Misalnya ketika melihat piring, anak-anak akan mudah mengidentifikasi bahwa itu adalah lingkaran. kasur, buku, handuk adalah segi empat.

Untuk anak yang sudah mengenal bangun datar, bisa dikenalkan dengan bangun ruang. Seperti kubus, balok, prisma, limas dan tabung. 

Jadi ketika melihat kasur, bukan hanya bentuk dasarnya yang segi empat yang dikenalkan, tapi bentuk ruangnya juga. Anak-anak akan mudah mengidentifikasinya dengan kita menyediakan aneka balok, atau miniatur bangun ruang dari kertas atau pipe cleaner. 

Saya pernah mengajak Nisrin membuat kubus untuk membuat dadu, ternyata dia menyimak. Lalu ia menunjukkan caranya pada Evelyn. Dan kini ia juga bisa membuat kubus. Sekarang, kalau diajak sekedar membuat bangun ruang, kurang tertarik. Karena keseruannya kurang memikat. Nah.. kalau bangun ruangnya dimodifikasi? Seperti limas segi empat yang dimodifikasi menjadi mini pinata. Ini lebih menarik!


Akhirnya, saya mengajak anak-anak untuk membuat mini pinata. Template nya saya sediakan. Perakitannya dilakukan sendiri oleh anak-anak. 


Evelyn antusias, karena.. ia sudah paham ketika melihat template yang saya sediakan, ia melihat ada keunikan dari pola yang saya buat. Ia bisa membayangkan, dari template yang saya buat akan menjadi bentuk seperti apa. Padahal saya belum menunjukkan contohnya. 

Kami juga mengajak teman-teman lainnya untuk membuat Mini Pinata ini. Mereka tidak menganggap ini kegiatan belajar, tapi mereka menikmatinya sebagai kegiatan kreatif dengan bonus isian pinata berupa permen. :D

Selain permen, isiannya adalah bekas bungkus permen
 yg sudah digunting-gunting
Anak-anak mengerjakan Mini Pinata ini selama 1 jam, karena mereka harus membuat hiasannya sendiri juga. Tapi mereka puas. Karena setelah jadi, "Wow... ternyata Aku bisa bikin yang seperti ini."


Dan... mereka pun berandai-andai jika saja pinata nya berukuran besar, dengan isian penuh di dalamnya. Hahahha... lain kali aja yaa.... (Mikirin isiannya perlu budget berapa :P)


Nah, bagi teman-teman yang mau mencoba, bisa juga mendownload template nya. Ini hanya template Limas Segi Empat atau piramida yang diberi pola lubang di bagian dasarnya. Jadi.. saya rasa tidak perlu pakai tutorial step by step yaa... :P 

Semoga anak-anak suka.. ^.^

#KuliahBunSayIIP
#BundaSayang
#Level6
#MathAroundUs

2 komentar: