Pengenalan Warna Kuning untuk Anak Usia Dini

Hari ini Kirei mencoba eksplorasi warna primer yang kedua, yaitu warna kuning. Dan kegiatan yang dilakukan masih terinspirasi dari montessori learning activities.. ;)

Pagi-pagi... seperti biasa, selalu hectic.. tapi Saya sempatkan untuk menyiapkan bahan kegiatan untuk kirei. Tips nya adalah.... selalu libatkan anak di setiap kegiatan kita. Hahahaha.... tak semudah yang dituliskan sih... Tapi mending dicoba aja deh..

Pagi hari... Kirei saya ajak menyetrika pakaiannya sendiri. Tadinya mau nyiapin baju kirei yang warna kuning. Ehhh... kok masih kotor, belum dicuci. Ya udah deh... akhirnya saya sediakan kaos kuning milik Saya. Dan... dia seneng banget bisa dapat kesempatan nyetrika lagi, Kirei cukup anteng, sehingga berhasil menyetrika kaos kuning dan 3 buah baju miliknya. 

montessori practical life skill

Setelah Saya selesai dress up.. Saya ajak kirei untuk melubangi kertas warna kuning dengan puncher berbentuk gajah. Dia sudah tahu fungsinya, karena sempat beberapa kali melihat saya menggunakan puncher. Tapi tetap perlu bantuan, karena puncher-nya agak keras. Setelah terkumpul kertas-kertas berbentuk gajah mini, kirei memasukkannya satu per satu ke dalam wadah kuning. 

montessori hand eye coordination

montessori hand eye coordination

montessori hand eye coordination

Setelah snacking pagi, Kirei Saya ajak untuk bermain cat warna kuning. Saya sediakan 1 mangkuk cat, kuas, sendok kecil dan kotak putih di atas tray. Kirei langsung tertarik mengaduk-aduk cat dengan sendok kecil. Kemudian ia coba menuangkan cat ke atas kotak menggunakan sendok kecil. Dia sempat berhenti sejenak, karena melihat tangannya terkena cat. Sebelumnya, Kirei memang tidak suka jika tangannya terkena cat, tapi dia oke oke aja kalau tangannya belepotan tanah, kenapa ya?

montessori hand eye coordination

Tapi untunglah.... setelah beberapa saat, dia melanjutkan lagi eksplorasinya. Dia terus mengaduk dan menuangkan cat ke atas kotak. Dia juga mulai mebolak-balikkan kotak, dan tidak complain lagi ketika tangannya terkena cat. 

montessori hand eye coordination

montessori hand eye coordination

Setelah cukup puas menuangkan cat dengan sendok kecil, dia mulai menggunakan kuas yang disediakan. Setelah beberapa sisi, tampak tertutup warna kuning, kirei berkata, "ecai.. yuk emuy..". Hohoho... ternyata dia sudah merasa cukup puas mengecat, dan mengajak saya untuk menjemur kotaknya. Wah... kirei sudah paham, kalau sesuatu yang dicat, harus didiamkan/dijemur dulu supaya kering. \(^.^)/

montessori practical life skill

Sore hari, setelah snacking, Saya menyediakan kotak yang sudah Kirei cat, sticker gajah yang tadi pagi dibuat dari kertas kuning dan lem. Awalnya... kirei menggosok-goskkan sticker gajah ke atas lem stick, lalu menempelkannya satu per satu. 

montessori hand eye coordination

Setelah menempelkan kurang lebih 10 pcs sticker gajah, dia lalu menaburkan sticker gajah ke atas kotak, lalu menggosok-gosokkan lem ke atasnya. Wkwkwkwkwk,,,, Saya dan Nisrin cukup geli melihatnya. Kirei juga tertawa lebar, melihat apa yang dilakukannya tidak membuat gajah itu menempel di atas kotak, malah menempel pada lem stick, Hihihihi..

montessori hand eye coordination
.
Kemudian, dia menyingkirkan gajah yang tidak merekat sempurna di kotak. Kirei mulai menggosok-gosokkan lem ke permukaan kotak, setelah itu.. ia mengambil gajah dan menempelkannya di atas permukaan kotak yang sudah ia beri lem. Yeay!!! Berhasil...


Dengan cara ini, Kirei cukup asyik menempelkan banyak stiker gajah. Setelah cukup puas, Kirei kemudian memainkan sticker gajahnya. Menghitung, memasukkan ke dalam kotak, dan juga dijejer-jejer supaya berderet. 


Hari ini kirei masih di tahap 1: Naming Period, jadi belum sempat menggunakan color tablet dan wadah merah yang kemarin sempat dimainkan.

Okay... thanks for blogwalking here and read my journey... Now... Let's check my friend's blog, to read her lovely notes... ;) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar