Resume Kuliah Offline Bunda Sayang - Komunikasi Produktif

Jika di skala Nasional Institut Ibu Profesional sudah ada di level Bunda Produktif, maka Kami di IIP Cianjur baru memulai langkah kami di Bunda Sayang.


Jum'at, 25 Desember 2015.. IIP Cianjur Jabar melangsungkan Kuliah Offline Bunda Sayang #1 Komunikasi Produktif.

Bagi teman-teman yang belum pernah ikutan kuliah online/offline atau ingin mereview kembali materi Komunikasi Produktif, yuk... kita review sama-sama!

Bicara tentang menjadi Ibu Profesional, itu artinya kita mengutamakan pendidikan anak. Terlepas apakah Ibu itu bekerja di rumah atau di luar rumah. Mendidik anak harus dimulai dengan komunikasi produktif. Kenapa? Bagaimana bisa kita mentransfer ilmu dan life skill, jika kita tidak mengkomunikasikannya dengan baik dan tepat.

Nah... jadi... kunci untuk berkomunikasi produktif adalah...

CHOOSE YOUR WORDS

Pilihlah kata-kata positif, words represent the way you think. Jadi inget waktu pendampingan HAI-Edumain waktu SMA. What you think is always what you get. Jadi sebelum mengharapkan hal yang positif terjadi, harus diawali dengan berfikir positif (husnudzhon), lalu direpresentasikan dengan selalu berkata positif. 
Contoh praktis: 
- "Aduh... anak saya kenapa ya...susah sekali disuruh belajar?". Nah... itu dari awalnya saja sudah negatif, harusnya kita ubah kata-katanya menjadi, "wah.. gimana caranya ya.. supaya anak saya senang belajar?". 
- "Kakak.. jangan ngasih contoh yang jelek dong buat adiknya, nanti adiknya ngikutin!". Hehehe... ini ibunya juga udah ngasih contoh yang gak betul. Padahal bisa diganti dengan, "Kakak, ayo beri contoh yang baik pada adik." Wihhh... adem ya... kata-katanya. 
Nah... jadi seperti itu, kita harus selalu mengevaluasi penggunaan kata-kata terutama pada anak dan mencari kontra positifnya. 
Ketika kita sedang down, bad mood, atau sedang galau.. kita juga bisa mengatasinya dengan memilih kata-kata yang tepat. Because words bring energy. Jafi kalau lagi males.... ada baiknya kita mengafirmasi diri dengan kata-kata yang positif. Boleh juga pake yel yel motivasi. >.< Jika ada masalah, hadapilah dengan memandangnya sebagai tantangan.
Contoh Praktis:
- Yes... tantangan kali ini adalah mengajak adik merapikan mainannya.
- Kak, kita sama-sama bereskan rumah yuk. Go go go...! Kakak yang bersihkan meja ya... bunda yang sapu lantai. Ok?!
Ini memang perlu banyak latihan, dan gak bisa ujug-ujug mahir, tapi kalau gak dicoba dan terus dilatih? Sama aja boong.. NATO. 
Satu point lagj, kenapa kita harus memilih kata, yaitu karena.. words is you. Teko hanya mengeluarkan isi teko. Jadi jika ingin menjadi baik maka ucapan yang keluar juga harus yang baik saja ya!


PROTECT YOUR SELF

Ketika ada yang tidak sesuai rencana, atau menggangu rencana kita, dan sumbernya dari luar (external factor) kita bisa mengatakan "Cancel, cancel, go away". Kita harus memprogram diri kita supaya kita bisa kembali pada jalur yang benar. Jadi ketika ada kalimat ini, otak kita sudah paham, kalau kita harus membatasi pikiran, memutuskan tindakan, dan lanjut pada jalur yang tepat.
Contoh Praktis:
- Kita sudah merencanakan acara belajar di rumah. Tiba-tiba ada tamu yang datang tanpa janji. Maka kita bisa putuskan saat itu juga, agar tamu itu ikut serta dalam acara yang sudah dijadwalkan, setelah itu baru kita beri waktu untuknya. Atau beri opsi untuk mengatur jadwal temu di lain waktu.

Sedangkan jika ada tantangan dari dalam diri kita, maka petik jari kita, dan katakan switch. Ketika kode ini muncul.. maka tanamkan pada diri kita untuk mengubahnya menjadi positive action.

MAGIC COMMUNICATION

- Fokus pada solusi bukan masalah
- Tidak bisa --> BISA
- Fokus ke depan bukan masa lalu
- Ubah rutinitas domestik menjadi family project
- Plan it for sure


MAGIC WORD

- Anak tidak memahami kata jangan
- Keep Information Short and Simple (KISS)
- Jelas dalam.memberikan kritik dan pujian
- Berikan kejutan menarik.


MISS-COMMUNICATION

... terjadi manakala:
- Pesan tidak sampai
- Selalu mengungkit-ungkit masa lalu


KAIDAH BERKOMUNIKASI

- Clear: Komunikatif dan KISS
- Clarify: Tanyakan kembali, Don't assume


KOMPONEN KOMUNIKASI

- 7% verbal
- 38% intonasi
- 55% Body Language


FORMULA KOMUNIKASI

- High Energy
- Intensity of eye contact
- Transfer of feelings
- Strategy


Okay... banyak point tidak saya jelaskan karena.... kepanjangan kalau ditulis semua. :D lol
Silahkan teman-teman tonton lagi video webinarnya untuk penjelasan lengkapnya. ;)
DOWNLOAD VIDEO WEBINAR KOMUNIKASI PRODUKTIF
Semoga bermanfaat.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar