DIY Menu Board

Tahu dong... Materi Kualiah IIP Bunda Cekatan?
Yup... soal Manajemen Menu 10 Hari...

Sebetulnya sebelum ikut kuliah IIP dua tahun lalu, juga udah tahu ilmu ini. Tapi... gak pernah dipraktekin.. hihihi.... Nah sekarang... giliran anak udah ada tiga, tanpa ART, dengan harus mengajar di TK dari Senin s.d Jum'at, baru deh...kerasa beraaat. Berat banget nyiapin makanan dan cemilan tepat waktu. 

Akhirnya, materi kuliahnya didengerin lagi deh...
Katanya udah tau, kok dengerin materi kuliahnya lagi?
Ya gitu deh... kalau motivasi internalnya kurang, harus cari serum motivasi dari luar. :P

Salah satu tahapan awal dari materi kuliah ini adalah, membuat Menu 10 hari. 
Kenapa 10 hari? karena kalau 7 hari, dijamin tiap hari senin bakal itu-itu aja, dan tiap hari kamis ya itu-itu aja. Nah... kalau 10 hari... rotasinya akan lebih variatif.

Setelah menu nya tersusun rapi... harus bikin Menu Board atau papan menu yang diletakkan di dapur atau area mana saja yang mudah terlihat oleh anggota keluarga yang akan masak. 

Dan.... ini dia, penampakan Menu Board yang berhasil Bunda Nisrin buat.

DIY Papan Menu IIP
DIY Menu Board

Papannya pakai bekas tutup mainan balok punya anak-anak. Itu modelnya kayak tote bag, jadi papannya dimasukkin ke dalam tote bag. Tujuannya? biar gampang dicuci dan kalau si papan diperlukan untuk hal yang lebih urgent, masih bisa dipakai. Bagian depan atas dipakai untuk menjepit menu 10 hari dan aneka kartu resep yang akan dipakai. 2 Kantung bagian bawah digunakan untuk menyimpan aneka kartu resepnya.

Si kantung papan menu dibuat dari sisa kain seragam anak TK. hehe... Kualitas jahitan? Lumayan lah.... buat orang yang udah hampir 3 tahun gak pegang mesin jahit, dan sebelumnya pun gak mahir. Hiasan kantung kartu resep dibuat dari flanel. Itu buatan Nisrin dan Evelyn. Tadinya buat bros, tapi daripada nganggur gak jadi-jadi, tempelin aja deh... di papan menu. :P

Liburan Idul Adha bukan berarti gak ada pekerjaan menanti, cuma..... karena gak ngajar di pagi harinya, jadi pengennya melakukan kegiatan diluar rutinitas, ya seperti crafting dan pengembangan diri.

Selain itu, Bunda Nisrin juga bikin Apron dari gamis yang udah gak dipakai, Upcycle gitu ceritanya... tapi belum selesai. Jadi.... tunggu postingan selanjutnya yaa...

Thanks for blogwalking here....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar