Kurikulum Usia 6-7 Tahun

Belakangan ini Saya berusaha untuk menyusun ulang, mengorganisir, hal-hal apa yang bisa saya targetkan dalam pembelajaran Nisrin ke depannya.
Saya khawatir terlalu lambat atau terlalu cepat menargetkan sesuatu. Maka dari itu, saya merujuk pada beberapa kurikulum yang ada.
Saya kurang nyaman mengikuti kurikulum sekolah dasar di Indonesia. Meskipun, kalau saya mau, itu akan jadi lebih mudah bagi saya.
Tapi terus terang, Saya sendiri malah bosan kalau harus mengikuti pakem tersebut.
Jadi..Saya coba untuk mengkombinasikan dan menyederhanakannya.


Agama:
Tata cara bersuci.
Tata cara Shalat lima waktu.
Hafalan Juz'amma An-Naas s.d Al-Zalzalah

Bahasa (Indonesia):

  • Jurnal harian, bisa berupa pesan, catatan singkat, puisi atau cerita pendek.
  • Belajar menulis sesuai EYD dan penggunaan tanda baca.
Matematika:
  • Mengikuti program IXL

Sains:

  • Makhluk hidup dan habitatnya: makhluk hidup membutuhkan makanan, air, ruang dan kemampuan untuk bertahan hidup. Tumbuhan dan Hewan hidup di habitatnya masing-masing.
  • Kehidupan Laut: Gelombang Air Laut, Makhluk yang hidup di laut, terumbu karang, tumbuhan laut.
  • Tubuh Manusia: Sistem yang membentuk tubuh manusia--pernafasan, pencernaan, rangka tubuh, otot, sistem syaraf, dan bagaimana cara merawat tubuh.
  • Zat: Padat, Cair, Gas dan proses perubahannya.
  • Pengukuran: Temperatur dan bagaimana cara mengukurnya.
  • Pengenalan Listrik dan magnet: Rangkaian listrik sederhana, cara kerja baterai dan magnet.
  • Suara: Benda yang bergetar menghasilkan suara, dan perpindahan suara.
Sosial:
  • Mengenal peta, letak kota, negara, samudera, dll.
  • Membuat dan menggunakan peta sederhana.
  • Mengenal, makanan, pakaian, transportasi pada zaman dahulu.
  • Mengenal jenis profesi yang orang-orang tekuni untuk menghasilkan suatu produk atau jasa.
  • Mencoba mengenal, mengidentifikasi perbedaan yang terdapat dalam suatu komunitas, kemudian diambil hikmahnya.
Teknologi:
  • Tahu cara menggunakan komputer.
  • membuka file yang ada di harddisk
  • Mengenal cara browsing di internet.
  • Mengetahui cara mengupload gambar atau tulisan ke blog pribadi.

Seni:

  • Tahu jenis-jenis warna, cara mencampur warna.
  • Tahu beraneka macam media dan alat menggambar/mewarnai/melukis.
  • Membuat ilustrasi atau gambar yang bercerita.
Demikian yang coba saya fokuskan hingga Nisrin berusia 7 tahun. Tentunya hal ini fleksibel dan bisa disesuaikan tergantung kemampuan dan pencapaian sang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar