Perkembangan Bahasa dan Motorik Kasar Bayi Usia 15 Bulan

Rasanya baru kemarin Saya menimang Evelyn yang masih merah. Sekarang Evelyn sudah bisa lari. Sebentar lagi usianya 16 Bulan. 

Sejak masih usia 0 bulan, Saya sudah berusaha menstimulus kemampuan bahasanya dengan berbagai macam cara. Mengajaknya ngobrol (meskipun tanggapannya hanya "hah.. hoah...eaaa..." atau mengedipkan mata), membacakan buku, bernyanyi dan dengan bahasa isyarat.

Saya pernah baca artikel, kalau bayi bisa diajak berkomunikasi bila diajarkan bahasa isyarat. Karena kemampuan motorik kasarnya akan lebih dulu muncul dan berkembang dibandingkan kemampuan bicaranya.

Saya tidak bisa bahasa isyarat. Tapi Saya boleh dong..menciptakan bahasa isyarat sendiri? Hehehe...
Misalnya, ketika akan menyusui Evelyn, Saya menempelkan ibu jari pada bibir saya sembari mengatakan "mimi?". Setelah itu saya menempelkan ibu jari Saya pada bibir Evelyn, sambil mengatakan "mimi?" juga.
Ketika mau mengganti popok, Saya menepuk nepuk popok/pantat Evelyn. 
Ketika mau menyuapinya makan, saya membuka mulut saya, sambil pura-pura mengunyah makanan.
Dan begitu seterusnya, segala aktivitas harus ada gerakan tangan, dan benda sebagai cantolan memori.
Sekarang, perkembangan bahasa Evelyn sudah terlihat. Meski baru bisa mengucapkan: "tada", "mama", "baba", "jejeh", dan bunyi arbitrer lainnya, dia sudah bisa mengerti apa yang Saya ucapkan.
Berikut ini beberapa kosakata yang akrab di telinga Evelyn:

  • Bangun - Tidur - Bobo - Mandi - Cebok - Makan - Minum - Berdiri - Duduk - Lari - kasih - Ambil - Simpan - Buang - Sapu - Lap - Cuci - Jatuh - Baca - Lihat - Peluk - Salam - Cium - gendong - serodot - tumpah
  • Bantal - kasur - guling - selimut - aisan/gendongan - gelas - sendok - popok - sedotan - boneka - dora - beruang - ikan - nemo - kucing - burung - kodok - tikus - air - lampu - buku - crayon - sapu - baju - botol - bedak - jaket - madu
  • Panas -dingin - tajam - gelap - terang - licin - basah - manis - pedas
  • dsb
Untuk motorik kasarnya:
  • Berjalan cepat (setengah lari) 
  • Jalan mundur
  • berputar 
  • naik tangga
  • minum pakai gelas
  • memegang crayon 
  • mengangkat satu kaki
  • tepuk tangan
  • salam
  • ciluk ba
  • mengeyong boneka
  • menyuapi boneka
  • peluk cium
  • menyapu lantai
  • menggeser-geserkan sebelah kaki
  • rukuk dan sujud
  • dsb
Tingkah laku anak, pasti lucu. Tapi yang perlu Saya tulis di sini (biar tetap ingat) tak usah semua ya... Emangnya Seleb, segala kejadian harus diketahui orang. :P

Evelyn suka minta dibacakan Flash Card A-Z. Lucunya, setiap kata yang Saya bacakan, dia mengikutinya.
Saya: A! Apel... (Sambil menunjuk kartu apel)
Evelyn: Tada!
Saya: B! Bunga...
Evelyn: Tada!
Saya: C! Cabe!
Eveleyn: Tada!
Dan begitu seterusnya, sampai kami membaca kartu huruf Z. biasanya, kalau minta dibacakan flash card bisa sampai diulang tiga kali... Hueeeeee.... serak deh pokoknya.

Lemari dapur di rumah neneknya, agak susah untuk ditutup kembali. Bukanya sih gampang. Tapi untuk menutupnya perlu trik tersendiri, XD.
Caranya, pegang handle lemari, angkat sedikit, lalu dorong pintunya sambil didorong dengan bantuan lutut. 
Dan...Evelyn pun menirukannya. Hihihi.... waktu pertama lihat kejadian itu, saya langsung ngakak... 
Ada bayi, pakai gamis anak, nutup lemari sambil ngangkat sebelah kaki. XD
Harusnya direkam, tapi gitu deh...Evelyn gak kayak Nisrin. Evelyn sadar kamera banget, giliran kamera nya ON, dia nya malah ngejar kamera. Video yang diharapkan pun gagal direkam...

Oke deh..segitu dulu cerita dari Saya tentang perkembangan bahasa dan motorik kasar Evelyn, bayi usia lima belas bulan.

^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar