Babak Baru Kegiatan Homeschooling Nisrin

Hingga 2 minggu yang lalu, Saya masih tidak punya niatan untuk menyekolahkan Nisrin secara formal. Saya masih konsisten di jalur Homeschooling saja. Hingga pada 10 hari yang lalu, Saya bersilaturahim dengan Sahabat Saya sejak SMA.

Sahabat Saya ini, sejak 1 tahun yang lalu, membuka Cabang RA (TK Islam) Khoiru Ummah. Khoiru Ummah bisa dibilang merupakan sistem pendidikan yang memadukan kegiatan Bersekolah dengan Homeschooling. Fokus utamanya adalah mencetak generasi penghafal Qur'an yang cerdas dan berkarakter. Makanya, TK Sahabat Saya ini agak panjang namanya, Homeschooling Group RA Khoiru Ummah Cianjur. Hafalan anak RA yang bersekolah di sana selama 1 tahun, sudah sampai pada Surat Al-Muthoffifin. >.<

Nisrin selama ini sering Saya ajak untuk mengulang-ulang surat pendek setelah shalat fardhu. Belum bisa konsisten sih... Tapi Alhamdulillah, hafalan surat Nisrin sudah sampai At-Takatsur. Saya sebagai orang tua, inginnya bisa mendidik Nisrin dengan lebih baik lagi. Faktor konsistensi dalam diri Saya, tampaknya menjadi tantangan yang cukup besar. :P

Setelah berbincang-bincang dengan sahabat saya, Dia bercerita juga, kalau tahun ini dibuka tingkat Sekolah Dasarnya. Dengan tujuan untuk menampung alumni HSG RA Khoiru Ummah Cianjur. Namanya HSG SD Khoiru Ummah Cianjur. Hehe... panjang bener...

Sementara ini, HSG SD Khoiru Ummah Cianjur, bentuk kelembagaannya adalah seperti PKBM. Jadi, pelajaran yang diberikan pada anak-anak tidak sama dengan Sekolah Dasar pada umumnya.


Pelajaran yang diberikan diantaranya: Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Geografi, Matematika, Sains dan Tahfidz. Orang tua juga diberikan panduan mengenai kegiatan anak di rumah. Jadi pendidikannya memang memadukan kegiatan sekolah dan belajar di rumah. Dengan beragam pertimbangan, akhirnya, Saya memutuskan untuk memasukkan Nisrin ke sana. 

Alasan utama Saya selain karena kurikulumnya beda, juga karena Saya perlu bantuan dalam mengatur waktu belajar Nisrin. Meskipun sudah membuat jadwal sendiri, tapi sering kali Saya yang melanggar jadwalnya. 
Ketidakkonsistenan Saya, membuat Saya agak cemas dalam mendidik Aqidah Akhlak Nisrin.

Sejak Minggu kemarin, Nisrin sudah mulai belajar di HSG SD Khoiru Ummah. Alhamdulillah, Nisrin senang belajar di sana. Pembelajaran akan dimulai kembali pada tanggal 11 Agustus 2014. :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar